Monday, January 18, 2016

Tirta Yatra Sekolah Lab Undiksa ke Pura Medang Kemulan

TIRTA YATRA SEKOLAH LABORATORIUM UNDIKSHA
DALAM RANGKA HUT SEKOLAH LAB YANG KE-45
KE PURA MEDANG KEMULAN KEC. WARINGIN ANOM
KABUPATEN GRESIK 15 - 16 JANUARI 2016
Rombongan tirtayatra sebelum berangkat

Rombongan  tirtayatra di dalam bus-1

Kegiatan simakrama di wantilan Pura Medang Kemulan

Kegiatan Simakrama di wantilan Pura Medang Kemulan

Berangkat ke Beji Pura Medang Kemulan melukat

Melukat di Pura Beji Medang Kemulan


Purwadaksina di Lingga Yoni Pura Medang Kemulan

Sujud dan sungkem di Kaki Padma Ismaya Semar

Sujud dan Sungkem di tugu Pura Lingga Yoni Medang Kemulan

       Sekolah Laboratorium Undiksha Sabtu, 16 Januari 2016. Untuk meningkatkan nilai spiritual dan memeriahkan peringatan HUT Sekolah Lab Undiksha Singaraja yang ke-45 staf Yayasan, Direktur, Guru dan Pegawai Sekolah Lab Undiksha Singaraja mengadakan kegiatan tirta yatra ke Pura Medang Kemulan, Desa Wangun Waluyo, Kecamatan Waringin Anom Kabupaten Gresik Jawa Timur. Rombongan yang ikut serta berjumlah sekitar 90 orang. Rombongan terdiri dari dua bus, berangkat tirta yatra dari Singaraja pukul 07.00 Wita dan tiba di Pura Medang Kemulan Pukul 10.00.
     Tiba di Pura Medang Kemulan rombongan disambut oleh Sesepuh Pura Medang Kemulan bersama para pemangkunya. Setelah mandi dan makan malam rombongan diberitahukan akan juga datang rombongan dari Desa Ungasan, Uluwatu Denpasar sebanyak 2 bus berjumlah 70 orang. Bersama rombongan dari Denpasar rombongan Singaraja diajak mesima karama diberi penjelasan tentang keberadaan Pura Medang Kemulan. Di awal berdirinya tahun 1990 pura tersebut disungsung oleh 7 kepala keluarga, sementara yang lainnya beralih agama.
     Setelah kegiatan mesima krama pemedek diajak melukat di Pura Beji Medang Kemulan untuk membuang leteh yang dibawa selama ini. Setiap pemedek dilukat satu persatu, sehingga cukup lama proses pelukatan ini. Yang diutamakan dulu adalah para Ibu-ibu selanjutnya disusul dilukat para bapak-bapak. Setelah melukat para pemedek diajak sujud dan sungkem di depan pura (Pura Lingga Yoni dan Semar Medang Kemulan) dan purwa daksina serta menghormat bendera merah putih.
     Setelah sujud dan sungkem di Pura Lingga Yoni Medang Kemulan pemedek selanjutnya diajak tangkil ngaturang pebaktian di Pura Penataran Agung Luhur Medang Kemulan. Setelah pebaktian pemedek diperkenanankan nuur minyak tambe dan rantasan tiga warna putih merah dan hitam untuk selanjutnya dibawa pulang. Rantasan tersebut selanjutnya dilinggihkan di sanggah kemulan masing-masing di Bali, sebagai citna telah terjalinnya hubungan leluhur di Bali dengan leluhur di Pura Medang Kemulan.
    Pemedek mekemit di Pura Medang Kemulan, selanjutnya pada pukul 06.00 Wib pemedek diminta untuk melakukan kegiatan mepamit. Sebelum keluar areal pura pemedek semua disuruh melakukan kegiatan murwa daksina mengelilingi pura sebanyak 3 kali.
     Rombongan Desa Ungasan dari Denpasar langsung pulang ke Bali, sementara rombongan Sekolah Lab melakukan shopping ke Tunjungan Palaza Surabaya. Kegiatan di Tunjungan Pelaza sampai dengan pukul 13.00 Wib selanjutnya balik ke Bali. Rombongan sampai di Singaraja pukul 04.00 Wita.
   


Pebaktian bersama di Penataran Agung Luhur Medang Kemulan

No comments:

Post a Comment