Friday, January 8, 2016

Darmawaca HUT Sekolah dan Siwa Ratri Sekolah Lab Undiksha

DARMAWACANA RANGKAIAN HARI SIWA RATRI DAN 
MENYAMBUT HUT SEKOLAH LAB UNDIKSHA
Persiapan kegiatan darmawacana

Pembawa acara kegiatan darmawacana
Siswa-siswa menunggu mulainya persembahyangan

Siswa-siswi melakukan persiapan sembahyang siwaratri

Siswa-siswi santai menunggu persembahyangan dimulai

Bapak-bapak guru menunggu persembahyangan siwa ratri

Peserta kegiatan darmawacana

Bapak Ketua Yayasan dan Direktur hadir dalam darmawacana

Peserta darmawacana bapak-bapak

Peserta darmawacana dari ibu-ibu

Peserta daramawacana dari peserta yang duduk dibelakang

Moderator memandu kegiatan darmawacana

        SMP Lab Undiksha Jum'at, 8 Januari 2016. Dalam rangka rangkaian menyambut Hari Raya Siwa Ratri dan HUT Sekolah Lab Undiksha Singaraja mengadakan kegiatan darmawacana. Kegiatan darmawacana didahului dengan sembahyang bersama di Pura Sekolah. Kegiatan sembahyang dipuput oleh Jro Gde Drs. Gede Suwanda, M.Pd. Setelah sembahyang bersama dilanjutkan dengan kegiatan darmawacana di ruang auditorium. Kegiatan darmawacana dimulai dari pukul 09.00  Wita.
       Kegiatan darmawacana dihadiri oleh Ketua Yayasan beserta staf, Bapak Direktur Sekolah Lab Undiksha, Bapak/Ibu Kepala Sekolah semua jenjang (TK, SD, SMP dan SMA), Bapak/Ibu Guru dan Pegawai semua jenjang. Sebagai nara sumber Ida Pandita Mpu Nabe Bhaskara Biru Dhaksa, Moderator dipandu oleh Drs. I Ketut Widhiarsa dan sebagai notulis adalah Jessy Agustini, S.Pd.
       Tema kegiatan darmawacana "Aktualisasi pesan-pesan siwaratri dalam mewujudkan insan hindu yang agamis dan spiritualis". Tema ini sangat sesuai dengan saat/hari ini karena saat ini bertepatan panglong kaping 14 sasih kepitu, pas hari SiwaRatri.
       Materi yang dikupas oleh Ida Pandita Mpu Nabe Bhaskara Biru Dhaksa seputar apa itu siwaratri, mengapa mesti siwaratri mesti dirayakan?, apa dasar philosofinya? dan bagaimana pengaktualisasikannya? Siwa ratri dikenal sebagai malam peleburan dosa. Dasar philosofinya yang dipakai acuan adalah kitab siva purana, kitab garuda purana, skanda purana, KItab agni purana, kitab padma purana, kitab sivaratrikalpa, kitab rudra samhita, kitab koti rudra samhita, dan kitab koti rudra samhita. Untuk mengaktualisasikannya ada 6 jalan yang bisa ditempuh, yaitu: dengan jalan selalu berbuat baik, dengan jalan pengetahuan, dengan jalan bakti, dengan jalan tapa, brata yoga dan semadhi, dengan jalan mendapat sentuhan orang suci dan dengan jalan upacara/ritual. Beliau menyajikan materi penuh dengan humor dan selalu menyanyi/megita.
       Dalam sesi darmatula ada beberapa penanya diantaranya I Wayan Merta, M.Pd., Drs AA Aswina, Ni Wayan Yasa Suyastini, Pak Direktur, Jro Gde Drs. Gede Suwanda, M.Pd., dan Ni Putu Rahayu. Semua pertanyaan diulas dengan baik oleh Ida Pandita dan semua peserta merasa puas.

No comments:

Post a Comment