Monday, August 1, 2016

Rapat Persiapan Akhir Akriditasi SMP Lab Undiksha



PERSIAPAN AKHIR AKRIDITASI SEKOLAH
SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA

Bapak Putu Kusuma Wardana memandu laporan tim

Masing gugus kendali mutu melaporkan persiapannya

Bapak Kasek memberi petunjuk dan tanggapan

Suasana rapat persiapan akhir akriditasi
                Rapat persiapan akhir akriditasi sekolah untuk SMP Lab Undiksha Singaraja telah dilakukan dan dibuka oleh Bapak Kepala Sekolah SMP Lab Undksha Singaraja pada Sabtu, 30 Juli 2016 di ruang guru pada pukul 10.00 Wita. Rapat ini bertujuan untuk mengecek persiapan akhir terhadap hal-hal yang kurang dan mungkin bisa dipenuhi sampai hari H tiba. Disamping juga membicarakan tentang acara seremoni yang dilakukan guna menyambut kedatangan tim visitasi ke sekolah kita. Harapan Bapak Kasek kegiatan ini tidak bermaksud membuat teman-teman menjadi  stres di kalangan tim.
                Adapun susunan acara rapat yang diumumkan oleh Bapak Kasek Saat itu adalah sebagai berikut.
1.       Pembukaan
2.       Pengarahan Kasek
3.       Laporan dari masing-masing tim gugus kendali mutu.
4.       Tanya-jawab dan saran-saran
5.       Penutup
Laporan dari masing-masing gugus kendali mutu dipandu oleh Bapak Wakil Kepala Sekolah I Putu Kusuma Wardana, M.Pd. Di Gugus Standar Isi dilaporkan oleh Ibu Ni Made Irse Neopani, S.Pd. di standar ini persiapan sudah rampung hampir 100%. Untuk di standar Tendik dilaporkan oleh Ibu Ni Made Dwi Lidyastuti, S.Pd.  Di standar ini hampir semua sudah rampung persiapannya kecuali masalah supervisi Kasek dan tindak lanjut yang dilakukan. Bapak Kasek menjanjikan penyelesaian bukti fisiknya paling lambat Selasa depan. Untuk di standar proses dilaporkan oleh Bapak Made Sukardi, S.Pd., persiapannya hampir rampung mencapai 100% tinggal proses cek ulang. Di Standar pengelolaan dilaporkan oleh Ibu Dra. Luh Retiasih. Untuk di standar ini sama dengan standar tendik masih menunggu bukti fisik yang dirampungkan oleh Bapak Kasek tentang supervisi dan kegiatan tindak lanjutnya, disamping itu yang belum dikerjakan adalah memasang kode etik guru di ruang guru.  Standar pembiayaan dilaporkan oleh Ibu Ni Wayan Sriati, beliau mempertanyakan masalah sekolah apakah menerima dana hibah dari masyarakat apa tidak? Sementara bukti fisik yang disiapkan beliau adalah masalah memberikan biasiswa kepada siswa yang miskin, jadi nyaplir. Setelah diluruskan oleh Bapak Kasek dan bukti fisik yang harus dipersiapkan beliau jadi mengerti. Untuk standar sapras dilaporkan oleh Ibu Luh Indratini, semua sudah siap tinggal menempel daftar inventaris di ruang-ruangan kelas, guru dan kantoran lainnya. Untuk standar penilaian dilaporkan oleh Bapak Drs. Made Resika, M.Pd. dan I Gede Aksamayasa, S.Pd.Gr. Di standar penilaian ada yang tidak koheren antara pengisian instrumen borang dengan nilai yang diberikan. Bapak Kasek menjelaskan keadaan penilaian sekolah dan harapan nilai yang ingin dicapai. Jadi tetap diminta menyiapkan bukti fisik yang harus dipenuhi.
Pada kegiatan tanya jawab selain masalah kelengkapan bukti fisik yang dibicarakan juga lebih banyak membicarakan masalah kegiatan seremoni yang harus dipersiapkan untuk menyambut kedua visitor yang akan datang ke sekolah kita. Semua permasalahan diselesaikan di waktu itu. Selamat SMP Lab Undiksha sudah siap mengikuti kegiatan visitasi asessor akriditasi sekolah untuk 4 tahun ke depan, moga-moga lancar dan sukses. Salam ceria dari redaksi.

No comments:

Post a Comment