Thursday, August 18, 2016

Lesson Study Siklus II SMP Lab Undiksha bersama LP2M Undiksha

LESSON STUDY SIKLUS II
SMP LAB UNDIKSHA SINGARAJA
BERSAMA LP2M UNDIKSHA SINGARAJA

                Kegiatan lesson study siklus II SMP Lab Undiksha Singaraja bersama LP2M Undiksha Singaraja telah dilaksanakan pada hari Kamis, 18 Agustus 2016. Kegiatan lesson study melibatkan mata pelajaran IPA dan Matematika. Sebenarnya mata pelajaran IPS juga terlibat namun belum tampil. Sedang dicarikan waktu untuk tampil dan proses perekamannya.
                Sebelum kegiatan pelaksanaan lesson study, Ketua LP2M Undiksha Bapak Prof. Dr. I Ketut Suma, M.Si. telah mengajak tim lesson study SD, SMP dan SMA Lab Undiksha bersama staf Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA rapat koordinasi di Ruang Auditorium Sekolah Lab Undiksha Singaraja pada tanggal 30 Juli 2016 pukul 14.00 Wita. Pada saat tersebut Bapak Ketua LP2M Undiksha menyampaikan akan kelanjutan dari siklus ke-2 dari lesson study. Beliau juga menyampaikan akan menyelesaikan administrasi dari lesson study siklus I. Namun karena pihak SMP Lab pada tanggal 5 Agustus 2016 akan ada penilaian Akriditasi Sekolah, kegiatan lesson study dimohon dilaksanakan setelah tanggal tersebut.
Kegiatan plan (perencanaan) lesson study dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 13 Agustus 2016 di Ruang Laboratorium SMP Lab Undiksha pukul 09.00 sampai dengan 13.00 Wita. Peserta yang hadir saat plan adalah seluruh tim lesson study SMP. Matematika 3 orang guru, IPA 3 orang guru, IPS 1 orang guru, dari pihak LP2M 5 orang. Pertemuan tersebut bertujuan untuk menyiapkan segala sesuatu yang akan dipakai saat kegiatan do. Adapun bahan yang dipersiapkan adalah RPP, LKS, media dan peralatan pembelajaran untuk do pada tanggal 18 Agustus 2016. Semua kegiatan plan sudah direkam dengan baik dari pihak LP2M.
Guru menyampaikan pertanyaan appersepsi

Guru memberikan motivasi 

Suasana Lesson study dengan observer dan kameramen

Guru memberi petunjuk penggunaan pHmeter

Guru membimbing kelompok di rekam observer

Guru membimbing kelompok observer mengamati kelompok
Kegiatan lesson study untuk mata pelajaran IPA dilaksanakan di kelas VII-2 jam ke 3-4, sedangkan untuk mata pelajaran matematika dilaksanakan di kelas VIII-1 jam ke 4-6. Materi yang disajikan untuk mata pelajaran IPA adalah “Asam, Basa dan Garam”, sementara untuk mata pelajaran matematika adalah “Himpunan”. Sebagai guru model IPA adalah Ibu Ni Made Dwi Lidyastuti, S.Pd. sedang guru model matematika adalah Ibu Si Luh Komang Puriniati, S.Pd. Sebagai observer pada kegiatan do yang hadir saat itu, di mata pelajaran IPA 2 orang guru dan 3 orang dari pihak LP2M. sementara di mata pelajaran matematika 2 orang guru dan pihak LP2M 2 orang.              Semua kegiatan pembelajaran sudah direkam dengan baik dari pihak LP2M dan Sekolah.

Setelah kegiatan do dilanjutkan dengan kegiatan refleksi. Refleksi untuk mata pelajaran IPA dilaksanakan di ruang laboratorium SMP, sementara untuk mata pelajaran matematika dilaksanakan di ruang kepala sekolah. Kegiatan refleksi di ruang IPA juga dihadiri dari dosen nara sumber Ibu Pujiani. Rincian kegiatan meliputi pembukaan, memperkenalkan tim, dan aturan refleksi. Pemandu refleksi dari pihak LP2M. Yang pertama diberi kesempatan menyampaikan kesan pesan adalah dari guru model, selanjutnya pihak observer diminta menyampaikan temuan-temuannya. Selanjutnya dosen nara sumber memberikan usul-usul solusinya ke depan. Diakhir kegiatan pemandu menyampaikan kesimpulan dari hasil refleksi. Semua kegiatan refleksi telah direkam dengan baik oleh pihak LP2M.

No comments:

Post a Comment