Sunday, August 7, 2016

Visitasi Asessor Akriditasi SMP Lab Undiksha Singaraja



VISITASI TIM ASESSOR AKRIDITASI PROVINSI UNTUK

PENILAIAN AKRIDITASI SMP LAB UNDIKSHA SINGARAJA
Staf Sekolah menunggu Tim Assesor observasi kelas

Tim pendamping mendengarkan arahan tim asessor

Tim Asessor meneliti bukti fisik di Standar Pengelolaan

Tim asessor meneliti bukti fisik di standar proses

Sesi foto bersama setelah visitasi

Staf sekolah melepas tim assesor balik ke Denpasar
 Kegiatan visitasi Tim Asessor Akriditasi Provinsi untuk menilai SMP Lab Undiksha Singaraja telah dilakukan pada hari Jum’at dan Sabtu, 5-6 Agustus 2016 di ruang Perpustakaan SMP Lab Undiksha dari pukul 08.00 sampai dengan 17.00 Wita. Kegiatan visitasi berlangsung dengan susunan acara sebagai berikut.
1.       Pembukaan (doa bersama)
2.       Penayangan Profil SMP Lab Undiksha
3.       Sambutan Kepala Sekolah SMP Lab Undiksha
4.       Sambutan Bapak Direktur Sekolah Lab Undiksha
5.       Sambutan Tim Assesor Akriditasi Sekolah Provinsi
6.       Kegiatan Visitasi
7.       Penutup
Pembukaan diisi dengan kegiatan doa bersama dipandu oleh pembawa acara Ibu Putu Anna Masriani Giri, S.Pd. Selanjutnya Tim Asessor disuguhi dengan penayangan profil SMP Lab Undiksha Singaraja. Pada kesempatan itu yang hadir dalam kegiatan visitasi adalah Bapak Ketua Yayasan yang diwakili oleh Wakil Ketua Yayasan Bapak Drs. Ida Bagus Sutresna, M.Pd. Bapak Direktur Sekolah Lab Bapak Dr I Ketut Gading, M,Si. Bapak Pengawas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng sebagai pendamping. Kasek dan Wakasek, seluruh tim akriditasi SMP Lab Undiksha, Bapak dan Pegawai yang tidak mengajar dan bertugas.
Pada sambutan Kepala Sekolah, Bapak Kepala Sekolah I Made Suantara, S.Pd. menyampaikan bahwa tim sudah bekerja selama 6 bulan mempersiapkan segala bukti fisik untuk bisa dinilai hari ini, tentu nanti dalam penilaian lagi sebentar akan masih ditemukan hal-hal yang masih kurang, dimohon tim bisa memaklumi dan bisa memberi petunjuk demi kesempurnaan penilaian ke depannya. Selanjutnya Bapak Kasek memperkenalkan tim yang akan mendampingi asessor dalam melakukan kegiatan visitasi.
Sementara itu sambutan Bapak Diretur mewakili sekolah menyampaikan bahwasannya akriditasi adalah sesuatu hal yang istimewa bagi kita disekolah swasta, karena dengan nilai A yang disandang akan bisa memiliki nilai plus untuk melakukan promosi dan bisa memiliki daya pikat terhadap masyarakat untuk bisa tertarik menyekolahkan anak ke sekolah Lab.
Sambutan dari Tim Assesor yang diwakili oleh Bapak Nyoman Suyasa menyampaikan bahwasannya beliau datang ke Sekolah Lab bukan menilai melainkan melakukan visitasi mencocokan apa yang sudah dilaporkan oleh pihak sekolah dengan data yang ada di sekolah ini. Hasil yang diperoleh dari mencocokan data yang ada di lapangan dengan apa yang ditulis/dilaporkan akan dibawa ke sidang pleno untuk bahan menetapkan nilai akriditasi yang diperoleh sekolah ini.
Kegiatan visitasi berjalan alot, asessor memeriksa secara detail bukti fisik yang disiapkan oleh pihak sekolah satu demi satu. Data yang tertulis di borang dengan yang ada dilapangan harus cocok benar dan pas. Tim pendamping akritasi sekolah banyak dibikin kelimpungan. Syukur asessor cukup homoris sehingga dalam ketegangan masih bisa ketawa dan bersenda gurau.
Hasil visitasi disampaikan oleh Bapak Assessor Nyoman Suyasa pada kegiatan penutupan sebagai berikut. Secara umum sudah cukup bagus, data pendukung sudah sesuai dengan yang dikirim/diborang. Standar tendik seharusnya ada guru 23 orang tertulis 19 guru. Jadi semua guru seharusnya dicantumkan. Kepengurusan dalam suatu organisasi lingkup di dalam sekolah selain harus ada SK juga sepatutnya ada struktur organisasinya. Standar isi yang harus direvisi adalah pengembangan RPP (penomoran) SK dan KD harus ditulis jelas dan konsisten. Alokasi waktu di RPP harus macth dengan di silabus. Pemetaan 1 mapel tidak ada, KKM 1 mapel tidak ada, pemetaan SK KD 1 mapel juga tidak ada. Nilai akhir masih dipertimbangkan.
Kegiatan visitasi diakhiri dengan sesi foto bersama. Selamat SMP Lab Undiksha sudah bisa menyelesaikan tugas yang maha besar yaitu akriditasi sekolah. Mudah-mudah memperoleh nilai yang memuaskan sesuai dengan harapan dan target bersama. Salam ceria dari redaksi.

No comments:

Post a Comment