Thursday, September 14, 2017

Penilaian Lomba Sekolah Adiwiyata SMP Lab Undiksha

PENILAIAN LOMBA ADIWIYATA
SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA
TINGKAT PROVINSI BALI
Ketua panitia menyambut tim penilai provinsi bali

Kasek mohon petunjuk tentang teknis penilaian

SMP Laboratorium Undiksha Singaraja, Kamis, 14 September 2017. Habislah sudah masa penantian panjang SMP Lab Undiksha Singaraja yang selama kurang lebih setahun mempersiapkan lomba sekolah adiwiyata. Selain itu juga karena diundurkannya masa penilaian lomba sekolah adiwiyata yang semula direncanakan 6 bulan yang lalu menjadi hari ini Kamis, 14 September 2017. Ironis sekali rencana penilaian yang disampaikan tim penilai provinsi sebenarnya adalah besok hari Jum’at, 15 September 2017 namun dimajukan menjadi pada hari ini pukul 13.00 Wita. Berita tentang dinilainya lomba adiwiyata hari ini disampaikan oleh Ketua panitia pada pukul 10.00 Wita saat sedang berlangsung UTS. Berita majunya penilaian adiwiyata sangat mengejutkan sekolah. Semua panitia yang terlibat menjadi panik, karena rencana persiapan lomba akan dilakukan di sore hari menjadi langsung saat itu dipersiapkan secara mendadak. Waktu yang ada lumayan cukup untuk melakukan persiapan seadanya. Ketua panitia lewat pembina OSIS memerintahkan kepada seluruh kelas agar melakukan pembersihan di wilayah kelasnya masing-masing dan lingkungan yang telah menjadi wilayah yang ditugaskan/dibebankan. Ada yang pembersihan diwilayah lapangan basket, kantin, kebun belakang sekolah, kebun belakang timur sekolah, green house, wc dan kamar mandi, ruang guru, TU, ruang Kasek dan semua tempat lainnya. Dalam waktu kurang lebih 2 jam semua kelas dan panitia telah siap melakukan persiapan. Tempat menerima tim dan melakukan penilaian administrasi adiwiyata ditempatkan di ruang perpustakaan.
Pada pukul 14.00 Wita tim tiba di SMP Lab Undiksha Singaraja setelah melakukan penilaian di SMP Negeri 4 Sukasada. Tim datang disambut oleh Bapak Kepala Sekolah dan Ketua Tim Lomba Adiwiyata sekolah Bapak I Putu Kusuma Wardana, M.Pd. di depan sekolah. Tim datang langsung berpencar melihat lingkungan sekolah, ada yang menuju ke belakang sekolah melihat kebun, melihat kantin ke barat, melihat kebun di tengah sekolah dan open stage, melihat ruang kelas, kamar mandi dan wc, dalam waktu kurang lebih 20 menit tim telah selesai memantau semua kawasan SMP Lab Undiksha Singaraja. Selanjutnya tim diajak memasuki ruang perpustakaan untuk mengikuti acara seremoni guna menyampaikan kesan dan pesan serta memberi masukan bagi SMP Lab Undiksha kedepan mengembangkan sekolah yang lebih adiwiyata. Adapun susunan acaranya adalah sebagai berikut, pembukaan, doa bersama, sambutan-sambutan (sambutan kepala sekolah, sambutan kepala dinas lingkungan hidup Kabupaten Buleleng dan sambutan ketua tim penilai), pemberian masukan dan penutup.
Pada sambutan Bapak Kepala Sekolah menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya karena SMP Lab Undiksha Singaraja ditunjuk mengikuti lomba sekolah adiwiyata ke tingkat provinsi. Terimakasih juga atas kepercayaan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng memberi SMP Lab Undiksha Singaraja berkesempatan ikut lomba ke tingkat provinsi. Bahwasannya SMP Lab Undiksha Singaraja mengikuti lomba sekolah adiwiyata adalah bertujuan mengikuti program pemerintah mengembangkan sekolah berwawasan wiyata mandala. Meskipun dalam lomba berikut tidak dapat juara, minimal SMP Lab Undiksha Singaraja sudah berbenah dan menyadarkan steak holder sekolah agar sadar dan peduli lingkungan. Guru dalam membina dan mendidik siswa agar bisa menumbuhkan dan menyadarkan akan pentingnya lingkungan yang terpelihara bagi kelangsungan hidup bersama.
Sambutan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng tidak banyak yang disampaikan, Beliau berharap agar kedepannya SMP Lab Undiksha bisa menjaga lingkungan sekolah yang tercipta bisa dipelihara dengan sebaik-baiknya guna kenyamanan dalam proses pembelajaran. Sambutan dari ketua tim penilai yang terdiri dari unsur Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali dan Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Provinsi Bali menyampaikan dan memberi masukan akan keberadaan perkembangan wiyata mandala SMP Lab Undiksha Singaraja. Ada beberapa masukan yang bisa dicatat oleh redaksi diantaranya. Sosialisasi visi misi adiwiyata sekolah kepada seluruh steak holder terutama kepada peserta didik harus benar-benar mantap, karena tadi tim ketika tanya salah satu siswa yang ditemukan mengatakan mereka tidak tahu apa  adiwiyata sekolah itu. Keberadaan kamar mandi dan wc sekolah sudah baik namun bau masih terasa. Produk kompos yang terbentuk dibandingkan dengan kawasan yang luas sekolah belum sebanding, jadi perlu ditingkatkan. Mesti TK, SD dan SMA tidak ikut lomba adiwiyata sekolah setidak-tidaknya SMP Lab Undiksha Singaraja bisa sebagai leader dalam menumbuh dan mengembangkan sekolah berwawasan lingkungan. Tujuan tim datang ke sekolah ini adalah memverifikasi apa yang sudah dibuat dalam administrasi yang telah dikirim ke provinsi. Apa sudah sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Proses penilaian berlangsung kurang lebih 2 jam. Pada pukul 16.00 Wita tim bergerak ke SMP Negeri 3 Singaraja untuk melakukan kegiatan penilaian yang sama. Mudah-mudahkan dalam penilaian ini SMP Lab Undiksha Singaraja memperoleh nilai sesuai dengan harapan. Astungkara salam ceria!!
Kasek dampingi tim penilai observasi ligkungan

Tim penilai di terima di ruang perpustakaan

Tim penilai menunjuk wilayah SMP Lab Undiksha

Bapak Ibu Guru yang terlibat dalam penilaian adiwiyata

No comments:

Post a Comment