Monday, June 19, 2017

Tirtayatra Guru Pegawai 2017

TIRTAYATRA GURU DAN PEGAWAI
SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA
TAHUN 2017
 
Peserta tirtayatra guru dan pegawai SMP Lab Undiksha

Salah satu pelinggih di Pura Agung Giri Arjuno

Peserta di depan musium zoologi Jatim Park II

Pemangku Pura Bale Kambang memberi pencerahan

Sembahyang di Pura Kerta Bhuana Singosari Malang

Kegiatan dilaksanakan selama 4 hari dari Kamis 15 s/d 18 Juni 2017. Tirtayatra menggunakan leader Tour Independent yang berkantor pusat di Jalan Persatuan No. 25 Tegalrejo RT 32 RW 12 Minimartini, Ngalik Sleman DI Yogyakarta. Kantor cabang di Singaraja Jln. Srikandi Gang Durian Blok D/46 Sambangan, Hp. 0817569939, 081915670159, PIN 550D0875.
Berangkat ke Malang pukul 15.00 Wita singgah sembahyang di Pura Gede Pulaki. Menyeberang pelabuhan Gilimanuk dan makan malam di Restoran Grafika Banyuwangi. Tiba lebih awal sejam (05.00 Wita) dari waktu yang ditentukan di Restoran dan pusat oleh-oleh Brawijaya Batu Malang untuk MCK. Hari kedua pagi 08.00 berangkat ke Pura Agung Giri Arjuno untuk sembahyang. Pura ini merupakan tujuan pertama dari kegiatan tirtayatra. Turun ke wisata petik apel di sekitar perkebunan apel Selekta Batu Malang. Pukul 11.00 Wita balik makan siang di Restoran Brawijaya. Selanjutnya ke Jatim Park II untuk melihat-lihat Musium Zoologi, Kebun Binatang dan bersenang riang di tempat permainan anak-anak. Disini peserta cukup lama, tour leader memberi waktu 3,5 jam. Peserta dibikin penat dan menyatakan puas ketika ditanya tour leadernya. Sore hari chek in di Hotel Wonderland Batu Malang pukul 17.00 Wita. Makan malam diajak ke Rumah Makan Lesehan Joglo Batu Malang. Peserta menyatakan kurang puas karena menunya serba manis, tidak nyaman di mulut orang bali. Malam hari acara bebas, peserta jalan-jalan seputaran kota Batu Malang dan bermalam di Hotel Wonderland.
Hari ketiga pukul 07.00 Wita peserta sarapan di Hotel Wonderland. Berangkat pukul 08.00 Wita menuju Pura Bale Kambang di sisi pantai selatan Kota Malang. Jaraknya cukup jauh menempuh perjalan hingga pukul 11.00 Wita. Pura Bale Kambang merupakan fotocopy dari Pura Tanah Lot yang ada di Tabanan Bali. Pura tersebut merupakan Pura Sad Kayangan digunakan sebagai tempat melasti oleh umat hindu sekabupaten Malang. Selesai sembahyang peserta berfotoria diseputaran Pura yang cantik nan molek di tengah laut yang ombaknya ganas. Peserta diajak makan siang disana dengan menu seadanya namun memuaskan. Balik ke Kota Malang dan tiba sudah senja di Matos (Malang Town Square). Peserta diajak wisata belanja disini hingga pukul 07.00 Wita, lanjut chek in Hotel Ibis Malang. Makan malam disini menu KFC dan dimakan di kamar hotel.

Hari keempat chek out hotel pukul 07.00 Wita dan melanjutkan tirtayatra ke Pura Kerta Bhuana Singosari. Pura ini ada didalam komplek perumahan Angkatan Udara Malang. Pura ini merupakan pura jagatnatanya umat hindu di kota Malang. Selanjutnya melanjutkan wisata ke Candi Singosari di Desa Singosari Malang. Peserta disana sebentar 30 menit saja, tengok-tengok dan foto-foto/selfie, selanjutnya balik menuju Bali. Makan siang di perjalanan dan makan malam di Restoran Grafika Banyuwangi. Tiba di Pelabuhan Ketapang malam pukul 20.00 Wita. Menyebrang ke Gilimanuk dan tiba di Sekolah pukul 01.00 dinihari. Lumayan capek dan pegal namun puas, hal ini diungkap oleh peserta ketika diminta oleh pihak tour leader dalam acara memberi saran dan masukan sepanjang perjalan Gilimanuk Singaraja. Syukur kita tiba dengan selamat. Mudah-mudahan tahun depan bisa ke lokasi yang berbeda dengan peserta yang lebih banyak.

No comments:

Post a Comment