Thursday, June 8, 2017

RAPAT PLENO KENAIKAN KELAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Wakasek bacakan aturan naik kelas

Situasi rapat pleno kenaikan kelas

Situasi rapat dari sisi samping
SMP Lab Undiksha Kamis, 08 Juni 2017. Rapat pleno kenaikan kelas tahun pelajaran 2016/2017 untuk SMP Lab Undiksha dibuka pukul 11.00 Wita oleh Bapak Kepala Sekolah I Made Suantara, S.Pd. Rapat dihadiri oleh semua steak holder sekolah Kasek, Wakasek, Guru, dan Pegawai. Rapat pleno kali ini dianggap sudah korum untuk mengambil suatu keputusan rapat. Susunan acara rapat disampaikan oleh Bapak Kasek sebagai berikut.
1.       Pembukaan
2.       Penyampaian kriteria kenaikan kelas
3.       Laporan masing-masing wali kelas
4.       Penetapan kenaikan kelas
5.       Lain-lain
6.       Penutup.
Penyampaian kriteri kenaikan kelas seperti yang ada dalam buku acuan kenaikan kelas yang disusun di awal tahun pelajaran dibacakan oleh Bapak Wakil Kepala Sekolah I Putu Kusuma Wardana, M.Pd. Adapun isinya diantaranya adalah siswa dapat dinyatakan naik kelas jika;
1.       Telah menempuh semua program pembelajaran yang ditetapkan sekolah.
2.       Memiliki perilaku dan ahklak yang baik
3.       Semua mata pelajarannya nilainya minimal => KKM, dsb.
Sementara laporan dari masing-masing wali kelas dari 9 wali kelas yang melapor hanya kelas VII-3 Ibu Lidyastuti, S.Pd. melaporkan adanya siswa yang memiliki nilai 5K dan siswanya memiliki perilaku kurang dan tingkat ketidak hadirannya tinggi. Berdasarkan ketentuan kenaikan kelas terpaksa rapat mengambil keputusan untuk anak yang bersangkutan harus ditinggalkan di kelas VII. Memang anak ini sudah sering mendapat penanganan hampir dari semua guru (Guru mata pelajaran, Guru Wali kelas dan guru BK). Bahkan sudah diadakan home visit beberapa kali. Namun anak yang bersangkutan tidak menunjukkan perubahan yang diharapkan.

Kami tim redaksi menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas tidak naiknya anak yang bersangkutan. Kenapa anak tersebut tidak mau berubah. Ini bisa menjadi pelajaran bagi kita bersama bahwa untuk naik kelas kita selain harus memiliki nilai yang melewati KKM, juga harus berprilaku baik dan mengikuti semua program yang telah ditetapkan oleh sekolah. 

No comments:

Post a Comment