Saturday, March 12, 2016

Pengembangan Diri Menabuh Guru dan Pegawai SMP Lab Undiksha



PENGEMBANGAN DIRI MENABUH
GURU DAN PEGAWAI SMP LAB UNDIKSHA

Suasana berlatih menabuh Guru dan Pegawai SMP Lab Undiksha di Gedung Auditorium
                SMP Lab Undiksha Singaraja (Jum’at, 4 Maret 2016). Setelah kegiatan pembelajaran siang hari di hari Jum’at pukul 12.00 Wita, Bapak Ibu guru dan pegawai diajak oleh Bapak Kepala Sekolah mengikuti kegiatan pengembangan diri menabuh. Kegiatan latihan menabuh didahului dengan membagikan fotocopy naskah notasi tabuh oleh pelatih kita Ibu I Gst Ayu Sri Wahyuni. Sebelum berpraktek langsung pelatih mengajak peserta melagukan secara vokal atau menyanyikan lagu dari notasi tabuh yang akan dipelajari. Menyanyikan notasi tabuh diulang beberapa kali. Tabuh yang dipelajari oleh Bapak Ibu guru dan pegawai adalah tabuh ujan mas. Bagian yang akan dicoba dilatih adalah bagian pengawit.
Adapun notasi tabuh ujan mas bagian pengawit adalah sebagai berikut.
A – IO – A
IOE – IA
IOIA – IOIA – IUAI – AUIA
E – AIA – OIO – EOEU – EOEO – EOEO
AAOO – AAOO – AAUU – EEAA – EEUU – EEAA – EEUU – EUAI.
                Setelah Bapak Ibu guru dan pegawai pada hafal dan paham dengan notasi tabuh, selanjutnya diajak oleh pelatih ke ruang gong di Gedung Auditorium Sekolah Lab Undiksha. Disana Bapak Ibu guru dipersilahkan mencoba gamelan dan berlatih sendiri-sendiri dulu untuk mencoba notasi tabuh ujan mas tersebut. Kegiatan berlatih mandiri dibimbing oleh pelatih secara perorangan. Mulai bimbingan dari gangsa, kantil, cenceng dan kendang, setelah dirasa cukup baru diajak berlatih bersama. Ibu IGA Sri Wahyuni melatih Guru dan Pegawai baris demi baris dari notasi tabuh ujan mas. Kegiatan berlatih menabuh sampai dengan pukul 13.00 Wita dan akan dilanjutkan besok.
                Berikut kami sajikan kegiatan pengembangan diri menabuh Bapak Ibu Guru dan Pegawai dalam tangkapan kamera. Tim redaksi SMP Lab mengucapkan selamat berlatih moga cepat bisa. Salam ceria....!!!
Pembina berkeliling memberi bimbingan berlatih menabuh

Bagian terompong ada tiga orang

Pembina tabuh IGA Sri Wahyuni memberi instruksi

Ibu Made Irse Neopani memegang bagian jegogan

Bagian trompong beraksi

Tim kompak dalam berlatih

No comments:

Post a Comment