Saturday, June 20, 2015

PROSES PPDB DI SMP LAB UNDIKSHA

PROSES PENERIMAAN SISWA BARU
SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA
TAHUN PELAJARAN 2015-2016

SMP Laboratorium Undiksha Singaraja untuk tahun pelajaran baru 2015-2016 menyelenggarakan proses penerimaan siswa baru.  Untuk tahun ajaran ini membuka atau memerlukan siswa sebanyak 5 kelas, jumlahnya sekitar 5 x 32 orang = 160 orang karena kemarin sekolah ini menamatkan siswanya sebanyak 5 kelas. Sebagai sekolah swasta SMP Laboratorium Undiksha sudah melakukan berbagai upaya diantaranya melengkapi sarana-prasarana pembelajaran, melakukan upaya promosi ke SD-SD pendukung yang ada seputaran Kecamatan Buleleng. Kegiatan promosi dilakukan dalam bentuk open house mengundang SD-SD pendukung yang ada di Kecamatan Buleleng datang kesekolah dijemput dengan menggunakan bus undiksha.
Siswa diantar orang tua mendaftar ulang anaknya setelah lulus calistung

Siswa ikut tes calistung ditunggu oleh orang tuanya
Untuk tahun ini pendaftaran penerimaan siswa baru dimulai dari tanggal 3 – 30 Juni 2015 untuk gelombang I. Jika quota 160 siswa tidak terpenuhi sampai dengan tanggal 30 Juni 2015 maka akan dibuka lagi gelombang II dari tanggal 1 – 25 Juli 2015. Untuk gelombang pertama karena siswa belum mendapatkan ijazah persyaratan pendaftaran cukup menggunakan rapor semester terakhir di kelas VI dan pas foto 3x4 cm 2 lembar yang dimasukkan ke dalam map.
Siswa yang mendaftar dan bisa diterima di SMP Laboratorium Undiksha harus mengikuti tes seleksi dan wawancara ketrampilan dasar calistung (membaca, menulis dan berhitung). Tujuan dari tes dan wawancara ini adalah untuk memetakan diawal tentang kemampuan awal siswa yang akan bersekolah di SMP Laboratorium Undiksha, dengan demikian kedepannya dapat diberikan treatmen atau bantuan kepada siswa yang masih lemah dasar calistungnya.
Siswa yang di tes kemampuan dasar calistungnya
Sampai berita ini ditulis (19 Juni 2015) jumlah siswa yang telah terdaftar sebanyak 89 orang. Siswa yang telah dinyatakan lulus dan telah mendaftar kembali dengan melunasi biaya administrasi dan keperluan personal peserta didik sebanyak 80 orang. Pihak sekolah berharap sampai dengan tanggal 30 Juni 2015 quota 160 siswa bisa tercapai sehingga kita tidak perlu membuka gelombang II, begitu kata Bapak Kepala Sekolah SMP Laboratorium Undiksha  Bapak I Made Suantara, S.Pd. disampaikan di sela-sela kegiatan pendaftaran siswa baru di ruang sekretariat PPDB. Berdasarkan permasalahan ini dihimbau kepada orang tua siswa yang berkeinginan menyekolahkan anaknya ke SMP Laboratorium Undiksha agar segera atau buru-buru mendaftarkan anaknya saat ini juga ke SMP Laboratorium Undiksha sebelum kehabisan quota.

Seorang siswi SD mengikuti tes calistung
Berdasarkan pengalaman tahun lalu banyak orang tua mengeluh dan kecewa karena anaknya tidak dapat diterima di SMP Laboratorium Undiksha Singaraja lantaran ketidaktahuan permasalahan ini. Banyak orang tua berdalih masih menyiapkan biaya dan menunggu dapat diterima di sekolah negeri. Bahkan ada yang banyak menggunakan surat sakti dan menggunakan orang dalam agar bisa diterima anaknya di SMP Laboratorium, termasuk anggota yayasan dan staf sekolah lainnya, semua ditolak. Karena quota sudah tercapai ya ditutup!! Maaf tidak dapat menerima lagi pak…!! buu…!!, untuk memberi kesempatan kepada sekolah lain kebagian siswa, masak kita saja yang ingin hidup, semua ingin hidup, berbagi dong buuuung!!!.

No comments:

Post a Comment