Monday, June 15, 2015

Ramah Tamah dan Pembagian rapor SMP Lab Undiksha ke Bedugul



RAMAH-TAMAH DAN PEMBAGIAN RAPOR
DI KEBUN EKA KARYA BEDUGUL
SABTU, 13 JUNI 2015

                Untuk membuat nuansa baru kegiatan pembagian rapor, sekolah penyelenggarakan kegiatan kenaikan kelas dan pembagian rapor di luar sekolah. Tempat yang dipilih adalah di Kebun Eka Karya Bedugul. Untuk keberangkatan kesana siswa dikenai biaya transport sebesar Rp 75.000,- tiap orang. Biaya tersebut diperuntukan selain untuk transportasi juga dipakai biaya konsumsi dan biaya masuk ke wilayah tersebut. Siswa diajak berangkat ke sana pukul 06.30 Wita dan tiba ditempat kegiatan pukul 07.30. Tujuannya adalah untuk dapat tempat kegiatan yang lebih nyaman dan strategis. Memang benar tempat yang didapat adalah tempat yang memang yang paling strategis yaitu di dekat patung patih kumba karna karebut.
Acara telah dipersiapkan oleh pembaca acara/protocol yaitu Ibu Made Irse Neopani, S.Pd dan Ibu Anna Mastriani Giri, S.Pd.  Adapun susunan acaranya adalah sebagai berikut.
1.       Pembukaan
2.       Sambutan Bapak Kepala Sekolah
3.       Pembekalan tutor teman sebaya KSPAN tentang HIV/AIDS dan Narkoba
4.       Pengumuman-pengumuman
a.       Juara prestasi akademik tiap jenjang kelas dan tiap kelas
b.      Juara lomba-lomba antar kelas pengisian waktu jelang raportan
c.       Juara siswa terdisiplin dan indispliner
5.       Hiburan-hiburan
a.       Game pindahkan air dengan tangan dibelakang
b.      Lomba lifesing siswa dan wali kelas
c.       Tarik tambang guru dan pegawai
d.      Bakti sosial bersihkan lingkungan
6.       Pembagian rapor
7.       Acara bebas (foto bersama wali kelas dan siswa)
8.       Penutup
Acara dibuka oleh pembawa acara oleh Ibu Made Irse Neopani, S.Pd. dan Ibu Anna Mastriani Giri, S.Pd. dengan mengucapkan salam panganjali umat Om Swasti Astu dan beliau membacakan susunan acara yang akan dilalui sampai pukul 12.30 nanti.
Bapak Kasek I Made Suantara, S.Pd. membuka acara

Sambutan Bapak Kepala Sekolah I Made Suantara, S.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan raportan diselenggarakan di luar sekolah bertujuan untuk memberi nuansa baru dan bebas dari rutinitas. Beliau menasehatkan kepada siswa bahwa prestasi yang diperoleh agar senantiasa ditingkatkan. Hasil atau angka yang tertulis di buku rapor itu adalah gambaran perjuangan prestasi belajar kalian selama 6 (enam) bulan terakhir. Rapor tersebut harus kalian tunjukkan kepada orang tua karena tujuan rapor itu ditulis untuk memberi laporan hasil belajar siswa kepada orang tua kalian, setelah ditunjukkan kepada orang tua selanjutnya dimintakan pengesahan/tanda tangan. Beliau menyampaikan selamat kepada siswa yang telah berhasil naik kelas, dan membesarkan hati siswa yang belum naik kelas.
 
Pembekalan tutor teman sebaya kegiatan KSPAN SMP Lab Undiksha Singaraja tentang materi HIV, AIDS dan Narkoba menghadirkan juru bicara finalis juara tes pengetahuan KSPAN yaitu Cahayana dan Pande Made Latra, didampingi dan dibantu oleh finalis yang lainnya. Tujuan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian KSPAN SMP Lab Undiksha akan keadaan dan situasi bahwa Provinsi Bali Umumnya dan Kabupaten Buleleng khususnya dinyatakan sebagai daerah darurat HIV dan AIDS. Sehingga generasi muda khususnya siswa-siswi SMP Lab Undiksha Singaraja mengenal dan mewaspadai ancaman bahaya laten dari penyakit AIDS yang disebabkan oleh virus HIV. Dengan mengenal baik bagaimana AIDS dan Virus HIV dapat terjangkit ke orang lain siswa-siswi SMP Lab Undiksha Singaraja dapat membentengi diri agar terhindar dari wabah tersebut. Kegiatan itu juga dirangkaian sebagai kegiatan pelaksanaan program KSPAN dalam menyongsong KSPAN SMP Lab mengikuti ajang lomba di tingkat provinsi.
Kegiatan sosialisasi HIV, AIDS dan Narkoba di Kebun Raya
Kegiatan-kegiatan ramah tamah yang menarik dan mengundang tawa adalah manakala pengumuman kejuaraan siswa indispliner, karena juaranya ditriaki, dicemooh dan diperolok-olok oleh semua peserta. Itu sebagai bentuk hukuman dan memberi efek jera kepada siswa tersebut agar berbenah dan berperilaku kedepan agar lebih baik lagi.
Siswa melakukan baksos membersihkan sampah di kebun raya
Hiburan-hiburan lain yang juga menarik audiens adalah game pindahkan air dengan tangan dibelakang, lomba lifesing siswa dan wali dan tarik tambang. Kegiatan ditutup pada pukul 12.30 Wita.

Baca juga : Adiwiyta SMP LAb Undiksha

No comments:

Post a Comment