Wednesday, July 1, 2015

Rapat Monitoring Persiapan Lomba KSPAN SMP Lab Undiksha



RAPAT MONITORING KEMAJUAN
PERSIAPAN LOMBA KSPAN SMP LAB UNDIKSHA SINGARAJA
SENIN, 29 JUNI 2015

 Rapat dibuka oleh Bapak Kepala Sekolah I Made Suantara, S.Pd. pukul 08.30 Wita dengan menyampaikan latar belakang dan tujuan rapat. Latar belakang rapat disampaikan beliau bahwasannya sudah banyak kegiatan yang dilakukan untuk menyambut lomba KSPAN, namun belum tertata baik administrasi dan bukti fisiknya. Beliau menekankan bahwa yang lomba adalah siswa, namun siswa belum terlihat dan merasa bahwa dialah yang ikut lomba. Tujuan rapat adalah untuk memantau tingkat kemajuan persiapan yang sudah dicapai dimasing-masing seksi.

Kasek dan Wakasek memimpin rapat monitoring persiapan lomba KSPAN

Adapun susunan rapat adalah sebagai berikut.
1.   Pembukaan
2.      Laporan dari masing-masing seksi
3.      Tanya-jawab dan saran-saran
4.      Penutup
A.      Laporan Seksi Tempat oleh Bapak Made Suadi
Tingkat pencapaian kinerja  yang sudah diraih seksi tempat adalah 90%. Semua permintaan seperti pembuatan baliho, mebuler, plangkiran, rak kaca dan rak kayu, spanduk-spanduk dan penyiapan dan penataan sekretariat KSPAN SMP Lab Undikasha sudah rampung. Poster-poster yang diminta untuk dibingkai sudah dikerjakan, Beliau memohon petunjuk dimana dipasang poster-poster tersebut.
Situasi rapat monitoring persiapan lomba KSPAN

B.      Laporan Seksi Administrasi oleh Ibu Si Luh Komang Purniati, S.Pd.
Seksi administrasi adalah seksi yang paling berat tugasnya, berdasarkan hasil studi banding ke SMP Negeri 4 Singaraja yang diperoleh dalam bentuk softcopy dan setelah dilihat isinya sangat banyak. Beliau merasa sulit memenuhi semua administrasi yang dituntut seperti yang ada didalam file SMP Negeri 4 tersebut. Namun timnya yang terdiri dari 4 orang telah bekerja keras memenuhinya isi file tsb. Perkiraan beliau jika dipersentase baru mencapai 60%. Banyak hal yang belum beliau pahami dari dokumen-dokumen yang diperlukan untuk lomba, berdasarkan hal tersebut beliau meminta petunjuk, seperti tuntutan portofolio (detail isinya bagaimana?), proposal yang dibuat, apa sifatnya umum atau setiap kegiatan perlu disiapkan. Belum singkrunnya administrasi dengan aktivitas yang sudah dilakukan. Beliau meminta bantuan dari seksi kreativitas agar bisa membantu menyiapkan administrasi dan bukti fisiknya. Untuk membuat rencana pembiayaan (RAB) beliau meminta kepada Ibu Ketut Noriasih, M.Pd. untuk membantu menyusunkannya.
Situasi rapat dari depan monitoring persiapan lomba KSPAN

C.      Laporan Seksi Pembinaan Guru oleh Bapak Made Suastawa
Yang sudah dikerjaan adalah sosialisasi HIV/AIDS kepada guru oleh KPAD Kab Buleleng melalui mentornya Pak Putu Aliasa, S.Pd. Pemilihan dan pembekalan materi kepada calon tutor teman sebaya sebanyak 24 orang. Yang belum dikerjakan adalah mengundang nara sumber dari dinas-dinas terkait untuk bersosialisasi di SMP Lab Undiksha Singaraja, beliau sudah berkoordinasi dengan Bapak Wakil Bupati sebagai Ketua KPAD Kabupaten Buleleng. Bapak Wakil Bupati akan datang sendiri ke SMP Lab Undiksha untuk melihat persiapan lomba KSPAN yang telah dilakukan. Untuk mendukung kegiatan itu Bapak Made Suastawa meminta tolong pihak staf sekolah agar mengundang instansi-instansi terkait tersebut untuk datang ke SMP Lab Undiksha memberi pembinaan dan melakukan sosialisasi.
Situasi rapat dari sisi lain monitoring persiapan lomba KSPPAN

D.      Laporan Seksi Kreativitas siswa oleh Pak Putu Kusuma Wardana, S.Pd.
Karena yang bertugas Ibu Made Irse Neopani, S.Pd. dan Ibu Putu Anna Mastriani Giri, S.Pd. tidak hadir maka laporannya disampaikan sendiri oleh Bapak Putu Kusuma Wardana, S.Pd. selaku ketua panitia lomba. Isi laporannya sebagai berikut.
Semua aktivitas dan kreativitas yang direncanakan sudah dilaksanakan. Untuk masalah belum merasanya siswa sebagai peserta lomba dan terlibat dalam berbagai kegiatan, beliau akan menyusun kelompok-kelompok kerja yang tediri dari beberapa siswa yang dibimbing  seorang guru.
Untuk mengisi waktu kegiatan MOS akan diisi dengan kegiatan-kegiatan yang berbau KSPAN. Siapapun yang bertugas nanti sebagai ketua MOS agar berkoordinasi dengan seksi aktivitas dan kreativitas siswa, sehingga kegiatan yang dilakukan benar-benar sepenuhnya mendukung/menunjang kegiatan KSPAN SMP Lab Undiksha Singaraja.
Beliau juga menyampaikan perencanaan pengisian waktu MOS yang 3 hari dikembangkan menjadi 6 hari dimana didalamnya kegiatan KSPAN SMP Lab Undikshan sebagai kegiatan utamanya.

E.       Laporan Seksi Dokumentasi oleh Bapak Drs. Made Resika, M.Pd.
Seksi dokumentasi sudah mendokumentasi setiap kegiatan yang telah dilakukan oleh pihak sekolah dan seksi kreativitas siswa berupa foto dan video. Kegiataan dibantu oleh  Bapak I Made Sukardi, S.Pd. dan sewaktu-waktu oleh Bapak I Gede Aksama, S.Pd.  Ada kesulitan untuk membuat dokumentasi untuk 2 tahun berlalu (2013 dan 2014), dimana sumber dokumen yang ada terbatas. Untuk itu memohon kepada Bapak Pande Made Dedi Metrawan, S.Pd. untuk bisa memberikan foto-foto dokumen kegiatan sekolah, OSIS dan KSPAN yang sudah dimiliki dan diarsip. Seksi dokumentasi telah menyerahkan rancangan foto-foto (3 tahun) yang akan dicetak kepada pihak staf dan seksi sarana-prasarana, namun dipending pencetakannya oleh pihak staf untuk menselaraskan kegiatan yang dilakukan dengan dokumen yang ada. Maksudnya agar ada benang merah antara rencana kegiatan, administrasi dan dokumen yang ada. Saat itu ditanyakan apakah diperlukan dokumen foto-foto kegiatan dalam bentuk album. Jika iya maka diminta untuk bisa menambah pendanaan, karena didalam proposal terlalu kecil dianggarkan

F.       Laporan Seksi Konsumsi
Seksi ini tidak diminta laporannya karena sudah berjalan sesuai dengan kegiatan yang ada, Cuma nanti disuruh membuat SPJnya saja.

G.     Tanya-Jawab dan Saran-Saran
Semua masalah yang diajukan oleh masing-masing seksi ditanggapi secara bijak oleh Bapak Ketua dan Bapak Kepala Sekolah, termasuk solusi-solusi yang akan ditempuh. Semua usul dan saran langsung dibicarakan dan diputuskan bersama.

H.      Penutup
Penutup diisi oleh Bapak Kepala Sekolah dengan menyampaikan rencana pembagian tugas mengajar di tahun ajaran 2015-2016. Rencana melaksanakan workshop untuk menyampaikan laporan pertanggung jawaban gugus kendali mutu dan menyiapkan Kurikulum Sekolah serta menyusun RAPBS. Rapat ditutup pada pukul 10.00. Selanjutnya Bapak Ibu Guru dan pegawai mengikuti kegiatan undangan ke rumah Bapak Drs. Ketut Widiarsa karena anaknya Agus Dodi guru SMA Lab menikah.

No comments:

Post a Comment