Monday, May 20, 2019

WISATA EDUKASI SMP LAB UNDIKSHA KE YOGYAKARTA 2019

Berfoto bersama di depan destinasi wisata borobudur

Bergambar bersama di kraton Yogya

Berfoto bersama di Borobudur

Berfoto di Merapi perk
     SMP Lab Undiksha Singaraja Senin, 20 Mei 2019 Redaksi SMP Ceria. Osis SMP Lab Undiksha bersama Bapak Ibu guru dan pegawai melaksanakan studi tour ke Yogya. Rombongan terdiri dari 3 bus. Berangkat tgl 16 Mei 2019 pukul 09.00 Wita dengan didahului persembahyangan bersama di pura sekolah. Berangkat ke Pelabuhan Gilimanuk dengan singgah sembahyang mohon keselamatan Ida Sesuhunan sepanjang perjalanan di Pura Pulaki. Di Pelabuhan Gilimanuk menuju Ketapang kami menikmati pemandangan selama penyebrangan dengan selfi-selfi. Di rumah makan Chen-chen kami menikmati kuliner jawa-Bali untuk makan siang. Dari Banyuwangi cus langsung ke Yogya dengan singgah makan malam di Restoran Bromo Asri.
     Jam empat subuh kami tiba di Yogyakarta Borobudur Home Stay, disini rombongan MCK, sarapan pagi dan persiapan kunjungan ke Candi Borobudur dan Merapi Park. Tiba di Candi Borobudur lumayan cukup siang dan matahari sudah terik. Dibawah pemandu wisata anak-anak mendapat penjelasan tentang sejarah berdirinya Candi Borobudur dan makna setiap ukiran yang terpajang di setiap level candi. Rombongan ada di Candi Borobudur kurang lebih satu setengah jam. Selanjutnya kami digiring ke Merapi Park. Kami tiba disana pukul 11 siang. Disana kami disuguhi monumen-monumen penting dari setiap negara di Dunia (The World Landmark) seperti Menara Aple, Liberty, Kincir angin, Istana Kaisar Cina, Piramida Mesir, dll. Disana rombongan dipersilahkan melakukan kegiatan selfi disetiap bangunan megah diseluruh penjuru dunia tersebut. Kami makan siang di rumah makan Warung Makan Grobog Yogya. Selanjutnya rombongan diajak shoping di Mol Ambarukmo Plaza. Karena harga-harga terlalu mahal hanya beberapa anak dan guru yang bekalnya tebal membeli barang dan makanan disana. Petangnya rombongan diajak wisata belanja oleh-oleh di Malioboro. Malamya diajak makan malam diseputaran  Malioboro sebelum chek in di Hotel Abadi Yogyakarta.
     Hari ketiga pagi hari sarapan dan chekout hotel untuk selanjutnya berwisata budaya ke Kraton Yogyakarta. Di kraton kami mendapat penjelasan pemandu wisata tentang sejarah berdirinya kraton dan seluk beluk keterkaitan kraton dalam serangan 11 Maret 1946 dan perpindahan ibu kota  Republik Indonesia ke Yogya karta dalam perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan. Siangnya rombongan diajak berwisata edukasi di Taman Pintar Yogyakarta. Disana rombongan utamanya para siswa disuguhi berbagai media pembelajaran dan teknologi untuk menopang kesejahteraan umat manusia dalam menjalani kehidupan. Makan siang rombongan diajak makan di restoran Ingkung Grobog Yogya. Setelah makan siang di belakang restoran anak-anak diajak mengikuti kegiatan door prize yang diselenggarakan oleh Independent Tour. Setelah makan siang dan door  prize rombongan metirta yatra ke Pura Vyomantara Lanud Adi Sucipto Yogyakarta. Sorenya kami diajak mengunjungi destinasi wisata candi Prambanan. Dipandu oleh pemandu wisata kami mendapat pencerahan tentang sejarah berdirinya Candi Prambanan dan dikaitkan dengan ceritera Nyi Roro Jongrang dengan Raden Bandung Bondowoso. Kami disana lumayan capek berkeliling mengelilingi areal candi kurang lebih 14 hektar, namun cukup puas karena dapat menguras keringat jalan santai, he.. he.. he.. Petangnya kami diajak singgah berbelanja oleh-oleh khas Yogya di Bakpia patok 25. Malamnya kami diajak makan malam di restoran Rafika Yogyakarta. Dari tempat ini rombongan selanjutnya bergerak balik ke Bali. Jam 06.00 Wita kami tiba di ketapang, setelah menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk kami diajak makan pagi di warung makan Bu Lina makan khas ayam me tempeh. Pukul 10.00 kami tiba selamat kembali di sekolah Lab Undiksha. Kami merasa puas atas layanan yang diberikan oleh Independent Tour sebagai travel wisata. Mudah-mudahan ke depan kami bisa lagi menyelenggarakan studi tour dengan trayek yang lebih jauh. Sudah tentu harus dipersiapkan dengan kegiatan menabung dulu. Salam ceria.