Saturday, January 13, 2018

Ramah Tamah HUT sekolah Lab Undiksha Ke-47

RAMAH TAMAH HUT 
SEKOLAH LAB UNDIKSHA KE-47

 
Tari penyambutan puspa wresti
              
Sekolah Lab Undiksha Singaraja Sabtu, 13 Januari 2018. Kegiatan ramah tamah dalam rangka menyambut HUT Sekolah Lab Undiksha Singaraja telah diselenggarakan tadi pagi seusai upacara bendera di lapangan upacara sekolah. Ramah tamah dihadiri oleh Rektor Undiksha sebagai dewan pembina didampingi oleh wakil rektor 1, 3 dan 4. Disamping itu juga hadir direktur sekolah, dewan pengawas, ketua komite sekolah, kepala perpustakaan daerah, perwakilan BPD, kepala sekolah dan wakil, seluruh guru dan pegawai sekolah Lab Undiksha serta perwakilan siswa SD,SMP dan SMA. Kegiatan ramah tamah berlangsung dari pukul 08.00 sampai dengan 11.00 Wita.


Ketua Yayasan memberi sambutan
               Ketua Yayasan Bapak Prof. Dr. I Putu Budiadnyana, M.Si dihadapan dewan pembina dan dewan pengawas dalam sambutannya menyampaikan visi-misi sekolah yaitu mencetak insan sekolah yang ceria (cerdas, integratif dan adaptif). Konsep cerdas, integratif dan adaptif diulas secara seksama. Mulai tahun pelajaran 2017/2018 telah mendeklarasikan bahwa sekolah Lab Undiksha menganut kurikulum nasional plus. Apa nilai plusnya juga diulas secara tuntas. Selain memenuhi 8 standar nasional nilai plusnya ditambahkan beberapa indikator pada setiap standarnya agar memiliki nilai plus. Untuk standar isi kurikulumnya menggunakan kurikulum bilingual untuk beberapa mata pelajaran seperti mipa (matematika, sains, fisika, biologi dan kimia). Untuk standar kelulusannya menggunakan standar kelulusan cambridge dan kita telah memiliki tiga guru yang sudah lulus tes cambridge. Kepada mereka tadi pagi hari saat upacara bendera kita telah beri tanda penghargaan atas prestasinya. Untuk standar pengelolaan sekolah Lab Undiksha telah menggunakan pengelolaan berbasis IT. Bekerjasama dengan pihak bank BNI kemarin setelah jalan santai saat kegiatan pentas seni kita telah serahkan kartu elektronik-siswa untuk bisa akses data siswa dan proses pembayaran uang sekolah lewat bank. Untuk standar proses disetiap kelas diisi siswa paling banyak 24 siswa. Pembelajaran dikelas semua menggunakan basis komputer. Standar sarana prasarana ditiap kelas dilengkapi dengan laptop dan LCD disamping pembelajaran dibuat senyaman mungkin dengan memasang AC ditiap kelas. Nanti kedepan ditiap kelas kita akan lengkapi dengan loker-loker siswa untuk meletakan barang bawaan siswa sekaligus untuk menyimpan file hasil belajar siswa. Dibidang standar tenaga pendidik kita akan buat standar bahwa semua guru harus tersertifikasi secara nasional dan tersertifikasi internasional. Mereka semua harus menyandang sertifikat lulus tes cumbridge. Angan-angan menjadikan sekolah Lab Undiksha agar go internasional tidak lepas dari pemikiran Bapak Rektor sehingga sudah selayaknya Bapak Rektor diberikan aplus atas ide beliau tersebut.
                Selanjutnya Bapak Ketua Yayasan mengajak audies untuk meneriakan yel ceria sambil mengancungkan tangan dengan huruf C. “Lab School” dijawab “ceria”, “lab school ceria” dijawab “luar biasa”. Makna dari simbul tangan yel ceria, huruf C menunjukk
an arti ceria, tiga jari tangan yang dikepalkan satu tangan artinya cerdas, jari tangan kedua berikut berarti integritas dan jari tangan ketiga berarti adaptif. Diakhir sambutan Bapak Ketua Yayasan mengucapkan terima kasih kepada seluruh seponsor yang ikut menseponsori kegiatan HUT ini, kepada panitia yang sudah menyiapkan segala sesuatu sehingga perayaan HUT sekolah berjalan lancar.
                Sambutan Bapak Rektor Undiksha dalam sambutannya membahas tema ulang tahun
Bapak Rektor Undiksha memberi sambutan
sekolah bahwa beliau sepakat dengan tema tersebut dan sesuai dengan arah kebijakan kampus yang ingin menjadikan sekolah Lab Undiksha Singaraja menjadi sekolah yang unggul. Tidak unggul di tingkat kabupaten, provinsi dan nasional bila perlu go internasional. Harapan beliau sekolah Lab Undiksha tidak mengejar standar nasional saja melainkan harus lebih tinggi lagi mengejar standar internasional. Sesuai dengan Kemendikti sekolah dibawah naungan perguruan tinggi harus dikelola sesuai dengan OTK. Harus dikelola dengan UPT terpadu dan yayasan ke depan tidak diperlukan lagi karena langsung dibawah perguruan tinggi yang menaunginya. Karena perguruan tingginya sendiri sudah berbentuk BLU (Badan Layanan Umum). Sistem penggajian pegawai atau karyawannyapun harus sesuai dengan sistem penggajian BLU. Kalau dapat remonisasi ya kita akan dapat gaji itu.
Dalam sambutan tersebut Bapak Rektor juga berceritera tentang perkembangan Sekolah Lab. Perbandingan perguruan tinggi Undiksha dengan Udayana. Perguruan tinggi Undiksha didirikan untuk bisa dijangkau oleh masyarakat kelas menengah ke bawah. Kita bersama akan mencapai lembaga pendidikan yang berkelas internasional melalui kegiatan dan aktivitas yang baik. Harapan beliau kita tahun demi tahun harus meningkat dalam segala hal. Persoalan yang pernah ada syukur bisa diselesaikan dengan baik sehingga tidak menjadi polemik dan tidak ada yang mempolitisir. Kita harus berpegang pada komitmen dan profesionalisme yang baik. Konsep ceria pasti didalamnya ada wiweka.
Keberhasilan itu 80% dipengaruhi oleh emosional question (EQ) bukan Inteligen question (IQ), siapa yang sombong dengan IQnya 80% pasti gagal. Kembangkan soft skill karena soft skill sangat diperlukan diera persaingan sekarang ini. Kembangkan EQ dulu, lanjut SQ (social question) baru ke IQ. Belajarlah membicarakan kehebatan dan kebaikan orang jangan keburukan orang. Karena dengan demikian kita akan dapat vibrasi dan atmosfire yang baik.
Saran beliau buat satu kelas unggul dari siswa yang ada. Karena dari kelas unggul ini bisa memberi pencitraan sekolah yang baik. Ambil 25% dari siswa yang ada. Orang umumnya menilai dan mengeneralisasi sekolah berdasarkan prestasi siswa yang tampak ke luar. Diakhir sambutan beliau atas nama pribadi dan lembaga mengucapkan dirgahayu Sekolah Lab Undiksha yang ke-47 semoga apa yang menjadi cita-cita dapat diraih.

Kegiatan ramah-tamah ditutup dengan kegiatan santap siang bersama. Dirgahayu Sekolah Lab Undiksha yang ke-47 jaya selalu dan salam CERIA.

No comments:

Post a Comment