Saturday, December 30, 2017

Workshop RKAS 2018 dan Laporan Pertanggung Jawaban Kegiatan dan Keuangan

WORKSHOP PERTANGGUNG JAWABAN KEGIATAN DAN KEUANGAN
SEMESTER GANJIL 2017/2018 PENYUSUNAN RKAS TAHUN ANGGARAN 2018
SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA
Situasi workshop SMP Lab Undiksha susun RKAS 2018

SMP Laboratorium Undiksha Singaraja Sabtu 30 Desember 2017. Kegiatan workshop pertanggung jawaban dan keuangan semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 dibuka oleh Bapak Kepala Sekolah SMP Lab Undiksha Singaraja I Made Suantara, S.Pd. di ruang guru SMP. Kegiatan workshop diikuti seluruh staf pimpinan, guru dan pegawai. Kegiatan workshop dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.00 Wita. Kegiatan pertanggung jawaban melaporkan seluruh kegiatan yang telah dilakukan selama satu semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Seluruh koordinator Gugus kendali mutu yang ada 8 bidang dengan anggotanya melaporkan kegiatan-kegiatan apa yang sudah dilakukan dan kegiatan-kegiatan yang belum dilakukan serta menjelaskan apa kedalanya kenapa tidak jalan. Sementara kegiatan pertanggung jawaban keuangan melaporkan seluruh pembelanjaan yang telah dilakukan sekolah selama satu semester oleh masing-masing serta melaporkan saldo anggaran yang masih tersisa untuk membeck up kegiatan di semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Pada kegiatan workshop penyusunan RKAS tahun anggaran 2018 masing-masing gugus kendali mutu yang ada 8 bidang diminta menyusun mata anggaran pembelanjaan selama satu tahun ke depan. Jika penyusunan RKAS tidak terselesaikan saat itu, Kasek meminta peserta menyelesaikan di rumah dan hasilnya dapat disetor pada tanggal 2 Januari 2018 kepada bendaha BOS sekolah.
Adapun guru dan pegawai yang tampil presentasi melaporkan hasil kegiatan sekolah selama satu semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 adalah sebagai berikut.
NO.
BIDANG/STANDAR
GURU/PEGAWAI PELAPOR
KETERANGAN
1.
Standar Kelulusan
I Gede Rudy Perdana, S.Pd.

2.
Standar Proses
I Made Sukardi, S.Pd.

3.
Standar Isi/Kurikulum
Ni Made Irse Neopani, M.Pd.

4.
Standar Pembiayaan
Ni Wayan Sriati, S.Pd.

5.
Standar Sarana Prasarana
Luh Hindratini

6.
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
 Ni Made Dwi Lidyastuti

7.
Standar Pengelolaan dan Manajemen Sekolah
 Dra. Luh Retiasih

8.
Standar Penilaian
Drs. Made Resika,M.Pd.

Adapun guru dan pegawai yang tampil melaporkan pembelanjaan yang telah dilakukan pihak sekolah melalui beberapa bendahara yang ada di sekolah adalah sebagai berikut.
NO.
BENDAHARA
GURU/PEGAWAI PELAPOR
KETERANGAN
1.
BOS
Ni Putu Sumaitri

2.
KESRA
Ni Wayan Sriati, S.Pd

3.
Rutin/Yayasan
Ni Putu Karyaningsih, S.Pd.
Laporan ada,
Ibunya sakit
4.
Koperasi siswa
Dra. Luh Retiasih

5.
OSIS
Ni Made Irse Neopani, M.Pd.

6.
Penjualan pakaian OSIS
Ni Wayan Ratmini

7.
Pengelolaan Dana Lab IPA
Ni Made Dwi Lidyastuti, S.Pd.

8.
Pengelolaan Dana Lab Bahasa
Pande Made Dedi Metrawan, S.Pd.

9.
Pengelolaan Dana Lab Komputer
Drs. Made Resika, M.Pd.


Kegiatan workshop penyusunan RKAS tahun 2018 dilanjutkan setelah istirahat makan siang. Penyusunan RKAS 2018 didasarkan pada pagu anggaran yang bersumber dana BOS yang diperoleh sekolah dari pemerintah. Jumlah sekolah memperoleh dana BOS untuk tahun ini berjumlah 391 juta rupiah, karena  jumlah siswa yang kita miliki sebanyak 391 siswa dan anggaran yang bersumber dari yayasan sebesar 45 juta. Kegiatan penyusunan RKAS tahun 2018 tidak bisa diselesaikan pada pukul 14.00. Bapak kepala sekolah meintruksikan untuk diselesaikan di rumah dan bisa distor pada tanggal 2 Januari 2018. Selamat SMP Lab Undiksha Singaraja sudah menerapkan sistem keuangan yang transparan dan akuntabel. Salam Ceria (Cerdas, Integratif dan Adaptif)!

No comments:

Post a Comment