Wednesday, December 13, 2017

PELANTIKAN DAN SERAH TERIMA

PELANTIKAN DAN SERAH TERIMA
PENGURUS OSIS PERIODE 2017 KE 2018
SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA

Proses pelantikan pengurus OSIS baru tahun 2018

Proses serah terima pengurus periode 2017 ke 2018
SMP Lab Undiksha Singaraja Rabu, 13 Desember 2017. Suksesi kepemimpinan atau kepengurusan OSIS SMP Lab Undiksha dari tahun 2017 ke 2018 telah bergulir sejak sebulan yang lalu, dimana saat dimulainya masa kampanye penetapan bakal calon/kandidat pengurus OSIS periode 2018 oleh pembina OSIS SMP Lab Undiksha Bapak Pande Made Dedi Metrawan, S.Pd. pada tanggal 10 November 2017. Penetapan bakal calon kandidat 6 besar melalui proses rapat penetapan bakal calon. Bakal calon diperoleh 3 pasang yaitu pasangan nomor 1 berakronim ARCA (Kadek Ardy Wirakusuma dan Putu Ananda Pramestya Diah M), pasangan nomor 2 berakronim LAHAR (Putu Ledya Amadilla Febryanthi dan Ketut Nugraha Aditya P.) dan pasangan bakal calon 3 berakronim TRIDEV (Nyoman Triashari Satyaning Suci dan Putu Devandra Radiastu P). Masing-maing pasangan bakal calon diminta oleh pembina OSIS untuk membuat program kerja andalan yang akan dipakai dan dipromosikan nanti saat kampanye. Program kerja mereka di pajang dalam bentuk binder berukuran besar 3 x 5 meter dan dipasang di depan sekolah SMP Lab Undiksha.
Kegiatan orasi kampaye di depan audiens/peserta pemilih dilakukan pada hari Sabtu, 25 November 2017 di lapangan upacara bendera, setelah upacara bendera memperingati HUT PGRI. Masing-masing kandidat diberi kesempatan berorasi kurang lebih 15 menit, selanjutnya peserta pemilih diberi kesempatan bertanya dan menyangga program-program yang ditawarkan atau kiat mencapai program yang ingin ditawarkan. Dari teknis dan cara penyampaian program-program andalan mereka, para guru ada yang berseloroh membuat istimasi/ramalan bahwa meeh...! pasti dah ARCA TIGA DEWA (TRIDEV) habis/hancur dimakan LAHAR.
Masa tenang diberi kesempatan 2 hari, hari Minggu dan Senin. Pada hari Selasa 27 November 2017 proses PEMILU OSIS digelar. Komisi Pemilihan OSIS (KPO) bahu-membahu bekerja mendatangi tiap kelas untuk menyelenggarakan pemungutan suara. Ada yang bertugas memberi arahan teknis pencoblosan kandidat, memanggil peserta pemilih, membawa kotak suara, menyiapkan bilik suara dan seksi penintaan. Kegiatan dibuat sedemikian rupa supaya mirip dengan pemilu Caleg, Bupati, Gubernur dan Presiden. Pemilu OSIS berjalan secara langsung, umum, bebas dan rahasia (LUBER).
Siang harinya dilakukan penghitungan suara di open stage sekolah secara terbuka. Hasil penghitungan suara diperoleh hasil sebagai berikut. Untuk pasangan balon ARCA memperoleh suara sebesar 57 suara. Untuk pasangan balon LAHAR sebesar 208 suara dan untuk pasangan balon TRIDEV memperoleh suara sebesar 102 suara serta 14 suara tidak sah. Jadi sebagai pemenangnya adalah pasangan balon LAHAR.
Pada hari ini Rabu, 13 Desember 2017 dilaksanakan proses pelantikan dan serah terima jabatan kepengurusan OSIS dari periode 2017 ke periode 2018. Kegiatan dilaksanakan di gedung auditorium dari pukul 10.30 sampai pukul 12.00 Wita dipimpin langsung oleh Bapak Kepala SMP Laboratorium Undiksha Singaraja I Made Suantara, S.Pd. Adapun susunan acaranya adalah sebagai berikut. Setelah pembukaan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Doa Bersama, Pembacaan SK Bapak Kepala Sekolah tentang pengangkatan pengurus OSIS periode 2018 dan pemberhentian pengurus OSIS periode 2017 oleh Pembina OSIS Bapak I Gede Rudy Perdana, S.Pd. Pelantikan Pengurus OSIS tahun 2018 dan serah terima kepengurusan dari periode 2017 ke periode 2018 dipimpin dan disaksikan langsung oleh Bapak Kepala Sekolah. Sambutan-sambutan dari Ketua OSIS lama, Ketua OSIS Baru dan Bapak Kepala Sekolah. Pemberian ucapan selamat kepada seluruh pengurus OSIS lama dan Baru. Ucapan selamat bagi pengurus OSIS baru dan ucapan terima kasih bagi pengurus OSIS lama. Makan siang bersama dan ditutup dengan parama shanti.
Adapun susunan pengurus OSIS 6 besar yang diberhentikan dengan hormat dan diangkat untuk periode 2018 sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah No. 3914/SMP/Lab.Undiksha/E.1/2017 tanggal 13 Desember 2017 adalah sebagai berikut.
No.
Jabatan OSIS
Pengurus yang diberhentikan
Pengurus yang diangkat
Ket
1.
Ketua Umum
Ari Putra Setiawan
Putu Ledya Amadilla Febryanthi

2.
Wakil Ketua
I Nyoman Trisna Mahesa
Ketut Nugraha Aditya P.

3.
Sekretaris I
Putu Krisna Yuda Pratama
Nyoman Triashari Satyaning Suci

4.
Sekretaris II
Komang Deni Satya Yuanda
Putu Devandra Radiastu P.

5.
Bendahara I
I Gede Mahesa Surya Kesawa
Kadek Ardy Wirakusuma

6.
Bendahar II
Kadek Ardy Wirakusuma
Putu Ananda Pramestya Diah M.

Kepengurusan OSIS untuk tahun 2018 dilengkapi dengan 11 koordinator bidang dan 29 seksi, sehingga total kepengurusan semua berjumlah 50 orang siswa. Selamat kepada pengurus OSIS baru 2018 susunlah program yang dapat menjaga dan memajukan SMP Lab Undiksha ke depan dan menjadikan SMP Lab Undiksha menjadi pilihan nomor 1 di mata masyarakat. Dan terima kasih kepada pengurus OSIS tahun 2017 atas jasa-jasanya telah mengharumkan nama SMP Lab Undiksha Singaraja selama ini, mudah-mudahkan kalian diberkati Ida Sang Hyang Widi Wasa dan dapat berkarir selanjutnya ketika kalian SMA nanti. Jaya SMP Lab Undiksha Singaraja Salam Ceria.....!


No comments:

Post a Comment