Thursday, June 2, 2016

Hari Pertama Proses Seleksi PPDB SMP Lab Undiksha Singaraja



HARI PERTAMA SELEKSI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU

SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA

TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Proses pendaftaran peserta PPDB SMP Lab Undiksha

Tes seleksi calistung PPDB didampingi pengawas/penguji

Proses koreksi langsung dan penjelasan kepada peserta
Proses pendaftaran ulang PPDB

Siswa yang telah lulus seleksi memilih ukuran pakaian

SMP Lab Undiksha Rabu, 1 Juni 2016. Mulai 1 Juni 2016 proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMP Lab Undiksha Singaraja dibuka. Banyak orang tua siswa menghantarkan anak-anaknya yang telah tamat SD untuk mengikuti kegiatan seleksi penerimaan siswa baru ke SMP Lab Undiksha. Berdasarkan pemantauan tim redaksi di lapangan, ada beberapa rangkaian kegiatan yang harus diiukuti oleh mereka. Diantaranya sebagai berikut.
  1. Pendaftaran
  2. Tes seleksi
  3. Koreksi langsung hasil seleksi
  4. Penyampaian hasil kepada orang tua
  5. Pendaftaran ulang
  6. Ukur pakaian
Pada kegiatan pendaftaran peserta yang diantar oleh orang tua menyerahkan berkas kelengkapan administrasi berupa fotocopy raport semester ganjil kelas VI, surat keterangan kelakuan baik dari kepala sekolah, pas foto ukuran 3 x 4 2 lembar yang dimasukkan ke dalam stop maf warna merah/biru sesuai dengan jenis kelamin siswa. Selanjutnya petugas registrasi memasukan data anak dan mencatat di buku registrasi. Pihak registrasi menerbitkan kartu peserta tes seleksi calon siswa baru.
Pada kegiatan tes seleksi calon peserta didik baru diberikan tes kompetensi calistung (membaca, menulis dan berhitung). Kegiatan tes diawasi dan dilakukan oleh petugas seleksi yang terdiri dari guru-guru SMP Lab Undiksha. Pengujian dilakukan oleh 4 – 5 orang guru pada tiap harinya. Tes membaca bertujuan mengecek sejauhmana kelancaran siswa membaca. Selanjutnya peserta diminta menjawab beberapa pertanyaan terkait dengan isi bacaan. Untuk tes kemampuan menulis siswa diminta menuliskan dengan baik dan benar satu paragraf dari isi bacaan yang telah dibaca, disini bertujuan untuk mengetahui kompetensi siswa menulis. Pada tes berhitung siswa diberikan beberapa soal berhitung dasar yaitu operasi bilangan  berupa menjumlah, mengurangi, mengkali dan membagi bilangan riil.
Koreksi langsung dilakukan oleh guru pengawas/penguji dihadapan peserta seleksi sekaligus menjelaskan hasil yang diperoleh dan memberikan saran-saran pembinaan yang harus diikuti peserta jika kelak diterima di SMP Lab Undiksha ke depan. Tujuan dari tes seleksi calistung ini adalah untuk memetakan kompetensi bakal siswa yang diterima di SMP Lab Undiksha untuk tahun ajaran baru yang selanjutnya dipakai untuk memberikan kegiatan matrikulasi selama 3 bulan. Tujuan dari matrikulasi adalah untuk menyamakan kemampuan siswa sehingga siap mengikuti pembelajaran dengan baik.
Penyampaian hasil tes calistung kepada orang tua siswa dilakukan oleh petugas/KTU, selanjutnya pihak orang tua diminta untuk menindaklanjuti hasil tes yang sudah lulus tersebut apakah mendaftar ulang atau tidak. Orang tua siswa diberi tenggat waktu selama tiga hari, jika tidak ditindaklanjuti dengan mendaftar ulang maka hasil tes calistung tersebut dianggap gugur.
Pendaftaran ulang diperuntukan bagi siswa peserta seleksi yang telah lulus mengikuti kegiatan tes calistung. Kelengkapan berupa copy hasil ujian dan berupa data pribadi siswa dapat dilengkapi menyusul. Setelah orang tua melengkapi biaya-biaya calon siswa baru diminta melakukan pengukuran pakaian.

No comments:

Post a Comment