Saturday, April 30, 2016

LESSON STUDY SMP LAB UNDIKSHA MATA PELAJARAN MATEMATIKA



      
Kegiatan Pendahuluan


Observer dengan siswa diskusi

Observer ambil gambar siswa diskusi
Siswa presentasi hasil diskusi
Pelaksanaan Lesson study mata pelajaran matematika di SMP Lab Undiksha dilaksanakan pada tanggal 28 April 2016 di kelas VIII.3 pada jam ke 7 dan 8. Lesson Study terlaksana setelah melalui kegiatan perencanaan (Plan) pada hari Sabtu 23 April 2016 di Kampus Undiksha bertempat di LPM Undiksha Singaraja dengan didahului  workshop mulai tanggal 22 April 2016. Pada saat plan tersebut kami bertiga yakni I Made Suantara, S,Pd; Si Luh Komang Purniati S.Pd; dan I Made Sukardi, S.Pd sebagai guru model telah sepakat untuk materi pelajaran saat do adalah Unsur-unsur Limas, pembelajaran Kooperatif, dengan fokus penilaian karakter disiplin, teliti dan kerjasama. Persiapan mengenai hal-hal yang diperlukan sudah dibuat bersama seperti : RPP, LKS, Indikator Karakter, media dll.
       Sesuai rencana pelaksanaan Lesson study  ( Do ) dilaksanakan hari kamis tanggal 28 April 2016 pada jam ke 7-8 di kelas VIII.3 materi pokok Unsur-unsur limas, sifat-sifat Limas dan jaring –jaring Limas. Pembelajaran berlangsung lancar sesuai rencana. Observer yang hadir adalah dari kampus : Pak Ketut Suma, Ibu Pujani dan mahasiswa S2 yang berjumlah 4 orang, guru Pak Made Suantara dan Ibu Si Luh Komang Purniati. Sayang sekali pada saat tersebut listrik padam sehingga penayangan media power Point tidak terlaksana.
       Pada saat Refleksi ( See ) beberapa masukan yang diberikan oleh observer antara lain :
  • Siswa cendrung bekerja individual, cederung berpasangan
  • Media belum maksimal digunakan oleh siswa
  • Saat presentasi beberapa siswa belum menghadap ke depan
  • Beberapa siswa tidak membawa peralatan seperti penggaris
  • Permasalahan jangan ada yang di buku paket
  • Hasil yang disampaikan hasil individu
Beberapa hal –hal yang positif perlu dikembangkan adalah :
  1. Pembelajaran sudah berjalan cukup baik
  2. Siswa belajar tertib tidak ribut
  3. Awal pembelajaran sudah baik, apersepsi sudah realistik
  4. Siswa sudah mulai konsentrasi sejak  awal
  5. Guru sudah memiliki keterampilan menguasai kelas dan pembelajaran
Beberapa perbaikan untuk pertemuan selanjutnya :
  1. Permasalahan  yang diberikan realistik tidak ada di buku , penekanan pada lokal genius
  2. Saat presentasi siswa harus mengubah arah tempat duduk menghadap ke depan
Demikian hal-hal yang bisa dirangkum dari kegiatan pelaksanaan lesson study pada hari kamis tanggal 28 April 2016. Semoga bermanfaat bagi pembaca sebagai acuan dalam pelaksanaan lesson study .

No comments:

Post a Comment