Wednesday, August 29, 2018

RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN HUT SEKOLAH LAB UNDIKSHA KE-48


 
Bendahara Yayasan memberikan arahan kegiatan HUT Sekolah


Peserta rapat koordinasi sedang menyimak arahan bendahara
              SMP Lab Undiksha Rabu, 29 Juli 2018. Rapat koordinasi persiapan menyambut HUT Sekolah Lab Undiksha yang ke-48 dipimpin oleh ketua panitia Bapak I Putu Kusuma Wardana, M.Pd. di ruang rapat SMA Lab Undiksha Singaraja. Rapat dihadiri oleh Bapak Bendahara Yayasan, Sekretaris Yayasan, Direktur, Kepala-kepala sekolah dari berbagai jenjang (TK, SD, SMP dan SMA), Bapak-Ibu Guru panitia inti. Rapat berlangsung dari pukul 10.00 s/d 12.00 Wita.
Dalam rapat peserta mendengarkan arahan dari Bapak Ketua Yayasan dalam hal ini diwakili oleh Bapak Bendahara Yayasan Drs. I Made Artana, M.Pd. Adapun isi arahan beliau adalah sebagai berikut.
1)      Dalam menyemarakan HUT Sekolah Lab Undiksha yang ke-48 dimohon untuk mengurangi mengundang pihak luar dan menghabiskan biaya yang sangat besar. Apalagi jelas-jelas tidak memberi kontribusi terhadap input siswa kita.
2)      Kegiatan atau event yang dirancang diharapkan dapat dirasakan oleh semua sivitas sekolah utamanya oleh siswa kita.
3)      Diharapkan rapat besar semacam ini cukup dilaksanakan sekali saja, selanjutnya silahkan rapat-rapat kecil di jenjang atau di tingkat koordinator.
4)      Kekurangan dana yang disiapkan oleh yayasan dapat ditutupi lewat donator atau sponsor sepanjang tidak memaksa dan mengikat.
5)      HUT Sekolah tahun ini diharapkan dapat melibatkan pihak orang tua siswa. Mungkin sebagai donatur atau diundang untuk hadir dalam event tertentu, misalnya menonton malam panggung gembira.
6)      Penggalian dana mungkin dapat dilakukan dengan membuat maskot/logo dan ditawarkan kepada siswa dan orang tua.
7)      Selain kegiatan non akademik diharapkan ada kegiatan bidang akademik, misalnya seminar. Untuk kegiatan akademik/seminar Beliau mengusulkan agar diisi dengan masalah kesehatan, misalnya Seminar Sex Education bagi guru, pegawai, dan orang tua siswa. Beliau merekomendasikan Nara Sumber Ibu Dr. Desak Made Citrawati, M.Si. istri beliau, meskipun tidak dibayar. Atau dapat mengundang Psikolog sekolah kita untuk berbicara tentang cara menangani masalah anak-anak didik kita.
8)      Beliau juga berharap di akhir tahun ini sekolah bisa menerbitkan majalah yang bagus tentang prestasi dan kemajuan yang diperoleh oleh pihak sekolah secara bersama-sama. Sehingga kita bisa melaporkan progres sekolah kepada pihak orang tua dan masyarakat. Selanjutnya dapat ditawarkan kepada siswa dan siswa diminta mengganti biaya cetak. Didalam memuat artikel diharapkan penuh dengan gambar/foto anak-anak sehingga anak-anak merasa bangga bahwa foto dirinya terpajang dimajalah. Umumnya manusia itu bersifat ego jika foto mereka tidak ada terpajang disana mereka akan spontan tidak tertarik.
9)      Seluruh kegiatan dan event dalam rangka menyambut HUT sekolah agar didokumentasikan dan dibuat laporannya. Bila perlu perjenjang membuat laporannya.
Tambahan dari Bapak Sekretaris Yayasan Dr. I Gede Artawan, M.Pd. menggaris-bawahi dan menekankan;
1)      Prioritas kegiatan dan even dalam rangka menyambut HUT sekolah adalah dalam rangka promosi sekolah.
2)      Kegiatan-kegiatan jangan berupa duplikasi dari Dinas Pendidikan misalnya lomba-lomba olimpiade dan sejenisnya. Diharapkan kegiatanya bersifat spesial misal lomba tradisional sehingga kita bisa mengajarkan kepada siswa bagaimana cara melestarikan budaya bali, misalnya lomba metajog, mesatua bali.
3)      Beliau memberi petunjuk ada kegiatan yang murah meriah dan bernilai efektivitas tinggi misal lomba menulis puisi sebali.
4)      Beliau kalo diijinkan akan mengundang 48 guru penulis puisi dan 48 siswa penulis puisi sebali untuk membacakan puisinya pada malam panggung gembira. Mereka cukup diberi konsumsi dan biaya transport.
5)      Pilih lomba olahraga yang murah meriah dan irit dana, untuk kegiatan tirta yatra menurut pandangan beliau itu adalah kegiatan yang banyak menyerap dana, untuk pelaksanaannya mungkin kita perlu mengumpulkan dana dulu, atau dengan biaya sendiri, konsumsi dari pihak yayasan.
Dari Direktur Sekolah Lab Undiksha Bapak Dr I Ketut Gading menambahkan;
1)      Ketua panitia sudah berkonsultasi dengan Direktur dan Yayasan serta telah membuat pemetaan tentang kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka HUT Sekolah yang ke-48.
2)      Direktur berharap kegiatan-kegiatan agar diklasifikasi menjadi beberapa bidang dan panitia inti bisa membagi diri untuk memandu/mengkondisikan. Kegiatan ilmiah ada seminar dan lomba-lomba akademik. Bidang olahraga ada kegiatan jalan santai dan lomba olahraga. Bidang kesenian ada pentas dan lomba. Bidang sosial dll. Dengan demikian kegiatan bisa lancar dan sesuai dengan harapan bersama.
3)      Rancangan kegiatan harus juga memuat rincian detail dari pembiayaannya.
4)      Gunakan ajang HUT sekolah sebagai ajang promosi sekaligus penggalian dana.
5)      Pada kesempatan ini Direktur juga menyampaikan bahwasannya dibulan September dan Oktober akan melaksanakan monitoring pembelajaran sehingga pihak sekolah bisa memberi penghargaan kepada guru-guru yang berprestasi.
6)      Beliau juga mengusulkan momen HUT sekolah agar dijadikan sebagai ajang memberi penghargaan kepada guru-guru yang bermutasi, termasuk juga kepada sekolah.
7)      Pada acara ramah tamah setelah upacara bendera adalah momen yang tepat pihak sekolah melaporkan prestasi dan kemajuan sekolah.
Dari ketua panitia menyampaikan bahwasannya;
1)      Tema HUT sekolah kita ada dua pilihan yaitu Ayo belajar dan berkreasi untuk masa depan yang lebih baik, Ayo belajar dan berkreasi untuk menjadi insan yang ceria. Akhirnya disepakati tema yang pertama yang dipakai.
2)      Ketua juga setuju bahwasannya untuk melestarikan budaya kita lomba tradisional perlu dikembangkan.
3)      Gambar maskot si ceria sudah selesai disainnya, tinggal cetak saja.
4)      Penerbitan majalah sekolah ketua panitia memohon kesediaan Bapak Sekretaris Yayasan berkenan memimpin redaksinya.
5)      Harapan majalah bisa selesai bulan Desember sehingga Januari siap didistribusikan.
6)      Masalah baget biaya kegiatan HUT tentu naik karena implasi kenaikan harga barang-barang.
Diskusi tanya-jawab berasal dari Pak Wayan Merta, M.Pd. menanyakan masalah membuat proposal dan harapan selesainya. Pak I Putu Susila, M.Pd. masalah tema yang dipilih, Pak Drs. Agung Aswina menanyakan apakah jadi ada kegiatan tirta yatra, Pak Drs. Wayan Sukarta,M.Pd. menanyakan momen yang baik untuk ajang bagi SMA untuk promosi karena jumlah siswa semakin berkurang. Ibu Dra. Ni Wayan Wiratni menanyakan masalah bendera masing-masing jenjang, dan Pak Made Resika masalah Darmawacana siraman rohani yang bagaimana yang perlu diminta. Semua permasalah ditangani secara bijak dan arif dari Bapak Yayasan dan Direktur. Mudah-mudah kegiatan dalam rangka menyambut HUT Sekolah Lab Undiksha yang ke-48 bisa berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Salam ceria dari redaksi.

No comments:

Post a Comment