Tuesday, August 21, 2018

PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER


PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI
PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP LAB UNDIKSHA SINGARAJA
 
Ketua P2M membuka acara pelatihan

Presentasi Pendidikan Karakter oleh Nara Sumber

Kegiatan diskusi dan tanya-jawab

Peserta Guru dan Pegawai SMP Lab Undiksha

Staf Pimpinan dan Nara Sumber + Moderator

Peserta, Nara Sumber dan seluruh panitia 

                SMP Lab Undiksha Selasa, 21 Agustus 2018. Pengabdian kepada masyarakat, Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Pendidikan Karakter Berstrategi Siklus “Jelaskan-Modelkan-Budayakan” Berorientasi Tri Hita Karana Di SMP Lab Undiksha Tanggal 21-22 Agustus 2018 dibuka oleh Ketua P2M Prof. Dr. I Nyoman Wijana, M.Si. di Ruang Kelas VIII-2 pukul 09.00 Wita. Kegiatan pelatihan dan pendampingan menghadirkan nara sumber Bapak Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si. dan Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd. Makalah yang beliau sajikan adalah Pendidikan Karakter dan Usulan Kegiatan Pengembangan Sekolah Berkarakter Berbasis Kearifan Lokal Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Pendidikan Karakter Berstrategi Siklus Jelaskan-Modelkan-Budayakan Berorientasi Tri Hita Karana.
                Harapan Bapak Nara Sumber Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si. kegiatan bisa melibatkan seluruh jenjang yang ada di sekolah Lab Undiksha, namun karena terkendala dana kegiatan difokuskan di jenjang SMP Lab Undiksha saja. Kegiatan dilaksanakan menjadi tiga tahap, tahap pemaparan (sosialisasi), implementasi dan refleksi. Tahap pemaparan beliau menyampaikan makalah, maksud dan tujuan kegiatan serta karakter yang akan dikembangkan dan dibudayakan di sekolah. Ada 5 karakter nasional yang ingin ditumbuh-kembangkan dan dibudayakan di SMP Lab Undiksha yaitu karakter religius, nasionalisme, mandiri, gotong-royong dan integritas. Sementara wilayah implementasinya di kelompokkan wilayah parahyangan, pawongan dan palemahan.
                Proses implementasi sepenuhnya diserahkan kepada pihak sekolah, pihak pengabdi kepada masyarakat (Kampus)  akan mendampingi dan siap membantu jika ada kendala dalam proses pelaksanaannya. Proses evaluasi dan refleksi akan dilakukan oleh pihak kampus, dilakukan secara isidental melalui angket dan pengamatan langsung dilapangan.
                Mudah-mudahan pelaksanaan proyek implementasi dan pendampingan pendidikan karakter di SMP Lab Undiksha Singaraja bisa berjalan lancar dan membawa dampak signifikan terhadap perubahan perilaku dan karakter peserta didik kita. Salam ceria dari redaksi!

No comments:

Post a Comment