Sunday, May 20, 2018

STUDY TOUR SMP LAB UNDIKSHA 2018


STUDI TOUR SMP LAB UNDIKSHA 2018

                SMP Lab Undiksha Sabtu, 19 Mei 2018. OSIS SMP Lab Undiksha Singaraja menyelenggarakan kegiatan study tour. Kegiatan study tour adalah merupakan program kerja tahunan OSIS. Kegiatan ini merupakan kegiatan favorit OSIS dan didukung oleh semua siswa. Untuk kali ini study tournya ke Safari Bali Marine, Museum Neka dan Secret Garden. Jumlah rombongan yang berangkat sebanyak 6 bus dengan jumlah orang sebanyak 156 orang.
                Kegiatan study tour berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Berangkat dari pukul 06.00 Wita sampai dengan pukul 21.00 Wita. Adapun susunan acara study tour yang telah diikuti oleh siswa bersama guru adalah sebagai berikut. Di Safari Bali Marine siswa diajak bersafari (berkeliling) menyaksikan koleksi satua yang dimiliki. Menyaksikan tiger show dan menyaksikan elephant sumatrainsis. Atraksi yang dipertunjukan semua tentang kisah permasalahan satua tersebut di habitatnya. Untuk tiger show dikaitkan dengan mitos bahwa harimau itu adalah tunggangan Dewi Durga sehingga tidak layak untuk diburu. Sementara pertunjukan gajah menceritrakan kenapa gajah disumatra itu mengamuk kepemukiman penduduk, ya karena habitatnya dirusak penduduk sehingga membatasi ruang gerak sumber makanan gajah.
                Di museum Neka siswa diajak melihat koleksi lukisan dan keris. Lukisan yang dipamerkan adalah ragam gaya seni lukis bali, lukisan Arie Smit, pameran foto, lukisan Nyoman Lempad, seni lukis Indonesia masa kini, penggabungan seni lukis barat dan timur. Koleksi keris yang dipamerkan adalah seni ukir keris dari beberapa pengerajin keris yang ada di nusantara. Juga dipamerkan keris-keris jaman kerajaan dulu. Di Jogger siswa berbelanja oleh-oleh. Disecret Garden siswa diajak melihat museum peralatan sederhana orang dulu membuat bahan-bahan obat dan alat kecantikan. Menyaksikan video khasanah kekayaan alam Indonesia yang penuh dengan bahan olahan obat dan kecantikan, melihat pabrik modern mengolah bahan-bahan kecantikan sehingga menjadi bernilai ekonomis dan berwisata berbelanja di lantai bawah.
                Semua anak merasa puas mengikuti. Untuk peserta study tour kelas VII dan VIII diwajibkan membuat laporan dari hasil kunjungan mereka ketempat wisata tersebut. Moga-moga lancar ya membuat laporannya. Salam Ceria...!






No comments:

Post a Comment