Saturday, January 16, 2021

RAPAT PERTANGGUNG JAWABAN KEUANGAN DAN KEGIATAN SEKOLAH 2020 SERTA WORKSHOP PENYUSUNAN RKAS UNTUK TAHUN ANGGARAN 2021

 

     SMP Lab Undiksha Ceria Jum'at, 15 Januari 2021. SMP Lab Undiksha menyelenggarakan rapat pertanggung jawaban keuangan dan kegiatan sekolah 2020 serta workshop penyusunan RKAS untuk tahun anggaran 2021. Rapat dibuka dan dipandu langsung oleh Bapak Kepala Sekolah I Made Suantara didampingi oleh Bapak Wakil Kepala Sekolah I Putu Kusuma Wardana, M.Pd. Rapat diselenggarakan di ruang rapat SMP Lab Undiksha Singaraja. Rapat dihadiri oleh seluruh sivitas sekolah. Rapat berlangsung dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 14.00 Wita. Rapat seperti ini diselenggarakan secara rutin tiap tahun dan tiap semester sebagai bentuk pertanggung jawaban kita internal dalam mengelola kegiatan dan keuangan sekolah. Untuk kali ini rapat pertanggung jawaban penyelenggaraannya agak telat. Biasanya rapat diselenggarakan di minggu pertama awal semester atau awal tahun, kali ini agak molor karena terbentur di Sekolah Lab menyelenggarakan HUT Sekolah yang ke-50.

 

     Adapun tujuan rapat adalah untuk mengevaluasi kinerja sekolah dalam rangka mencapai target yang ditetapkan dalam rencana kerja tahunan/semesteran. Disamping itu membuka tranparansi pengelolaan keuangan di lingkungan internal sekolah. Dan juga sebagai bentuk proses waskat dari tim auditor internal sekolah. 

 

      Adapun materi rapat, pelapor, komentar auditor internal dan hasil pembahasan bersama dalam rapat pertanggung jawaban keuangan dan kegiatan yang disampaikan pada saat itu dapat kami sajikan sebagai berikut.

NAMA PELAPOR

MATERI/BIDANG

KOMENTAR DAN HASIL PEMBAHASAN

1.  Putu Sumaitri

Bendahara BOS

Laporan diterima, usul ke depan RKAS yang sudah disahkan agar dicopy diletakan di ruang guru dan dishare ke koordinator-koordinator penjaminan mutu sekolah/GKM.

2.  Ni Wayan Sriati, S.Pd.

Bendahara Kesra

Laporan diterima, Cuma perlu pengecekan pemasukan dari berbagai sumber.

3.  Ni Putu Karyaningsih, S.Pd.

Bendahara Rutin/Yayasan

Laporan diterima, karena ke depan tidak lagi mengelola uang karena dana langsung diorder kerektorat maka honor terakhir tugas mohon dibayarkan.

4.  Dra. Luh Retiasih

Koperasi dan Kantin Siswa

Laporan simpanan pokok diterima, musim pandemi  covid-19 sementara tidak beroperasi, modal/aset koperasi berupa barang/uang modal tetap dilaporkan.

5.  Putu Karyaningsih, S.Pd.

Dana Insiden Kecelakaan

Laporan diterima, penyimpanan dana di bank lebih besar pasak dari pada tiang.

6.  NI Made Irse Neopani, M.Pd

Bendahara OSIS

Laporan diterima, kedepan karena kantin tutup, coba diupayakan mencarikan sumber dana dari komete jika memungkinkan.

7.  Drs. Made Resika, M.Pd.

Dana Lab

Laporan diterima, kedepan karena semua pemasukan didrop ke rektorat maka untuk pengadaan alat dan bahan buat proposal dan diajukan ke rektorat.

8.  Gede Akasama Yasa, S.Pd. Gr.

Dana Lab Komputer

Laporan diterima, kedepan peremajaan dan penambahan fasilitas harus dibuat proposal dan diajukan ke rektorat.

9.  Nyoman   Budiman

Dana Lab Bahasa

Laporan diterima, Pengadaan sarana kedepan membuat proposal dan diajukan ke rektorat.

10.             Ni Made Irse Neopani, M.Pd.

Standar ISI/ Kurikulum

Laporan diterima, perlu ada kesamaan persepsi menilai suatu program apa jalan atau tidak.

11.             I G.AA. Eka Putri Oktopiani, S.Pd.

Standar Proses

Laporan diterima, perlu diedit dan hasil edit dikirim ke tim auditor.

12.             Ni Made Suciasih, S.Ag

Standar Kelulusan/ SKL

Laporan diterima, perlu diedit dan kedepan program disesuaikan dengan pandemi covid-19

13.             I Gede Aksamayasa, S.Pd.Gr.

Standar Tendik

Laporan diterima, perlu diedit, hasil edit dikirim ke tim auditor

14.             Luh HIndratini

Standar Sapras

Laporan diterima, untuk kedepan yang sudah terrealisasi tidak prlu dicantumkan lagi. Kecuali untuk pemeliharaan.

15.             Dra. Luh Retiasih

Standar Pengelolaan

Laporan diterima, perlu diedit dan hasilnya dikirim ke tim auditor.

16.             Ni Wayan Sriati, S.Pd.

Standar Pembiayaan

Laporan diterima, perlu edit posisi mencentang

17.             Putu Anna MAstriani Giri, S.Pd.

Standar Penilaian

Laporan diterima, perlu diedit hasil dikirim ke tim auditor


       Dalam kegiatan rapat disisipkan acara pemberian tanda penghargaan bagi guru dan pegawai yang memiliki masa kerja 15 tahun ke atas. Untuk kesempatan kali ini yang mendapat penghargaan masa kerja untuk 15 tahun ke atas adalah Ibu Putu Sumaitri. Selamat dan semangat Ibu Putu Sumaitri kedepannya kami semua berharap kinerja dan karir Ibu selalu meningkat.

       Untuk kegiatan menyusun anggaran belanja sekolah dalam bentuk RAPBS harus mengikuti format penyusunan anggaran versi BOS. Format akan dikirimkan di WA sekolah oleh bendahara BOS Ibu Putu Sumaitri. Penyusunan dikerjakan secara tim dimasing-masing gugus. Hasil dikirim ke WA bendahara untuk disatukan. Mengenai jumlah anggaran dari masing-masing butir kegiatan akan disesuaikan dengan jumlah dana yang diterima dari bantuan BOS oleh panitia inti. Sebelum disahkan akan disosialisasikan dulu di internal sekolah.

       Selamat SMP Lab Undiksha sudah bisa menyelesaikan tugas dan tanggung jawab pengelolaannya, mudah-mudahan kedepan tetap eksis  dan makin maju. Salam Ceria (Autor SMP Lab).

No comments:

Post a Comment