Sunday, August 23, 2020

Guru SMP Lab Ikuti Diklat Bilingual

 


SMP Lab Undiksha Ceria Sabtu, 22 Agustus 2020. Khusus di jenjang SMP Lab Undiksha Singaraja tadi pagi dari pukul 07.30 s/d 10.00 melanjutkan diklat bilingual yang difasilitasi oleh 3 guru bahasa inggris yakni Ibu Ni Made Irse Neopani, M.Pd., Agyta Harri, M.Pd. dan Made Suardana, S.Pd.

Dalam kesempatan itu Ibu Irse sebagai mentor menyampaikan bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran bilingual di SMP Lab Undiksha dari persiapan, pelaksanaan, moniitoring dan evaluasi pembelajaran bilingual, sementara Ibu Agyta Hari menyampaikan kata-kata petunjuk praktis yang sering muncul dan digunakan dalam pembelajaran kelas bilingual pada umumnya, sedangkan dari Pak Made Suardana membimbing peserta bagaimana membuat RPP yang berbasis bilingual. 

Bidang studi yang dilibatkan dalam kegiatan bilingual di jenjang SMP Lab ada 3 bidang studi yakni bidang studi IPA, IPS dan matematika. Masing-masing bidang studi menyertakan 2 guru. Guru IPA diwakili oleh Pak Made Resika dan Ibu Anna Mastriani. Guru IPS diwakili oleh Ibu Ketut Sukerti dan Pak Valen, sementara untuk di matematika diwakili oleh Pak Ari Purwadi, M.Pd. dan Ibu Arista Dewi, M.Pd.

Masing-masing peserta dibimbing membuat RPP dan diberi kesempatan tampil mengajar dengan dwi bahasa dengan durasi waktu 5-10 menit. Semua tampil baik dan berhasil mesti disana sini masih banyak kelemahan. Berdasarkan itu para mentor memberi saran dan masukan penyempurnaan dengan pendekatan tidak menggurui. Target yang ingin dicapai dalam kegiatan ini para peserta bisa mengajar dengan dwi bahasa 1-2 bulan kedepan adalah 25%, 3-4 bln kedepan 50%, 5-6 bulan ke depan bisa 75%, sehingga nanti di semester genap bisa mencapai target 100%. Target ini tidaklah definitif melainkan tentatif, dilihat ke depan perkembangannya. Kegiatan diklat bilingual untuk jenjang SMP berakhir pukul 10.00 selanjutnya disambung dengan jenjang SMA. Mudah-mudahan para guru SMP Lab Undiksha bisa segera mencapai target yang diinginkan bersama, salam ceria

No comments:

Post a Comment