Friday, November 11, 2016

Sosialisasi Sekolah Adiwiyata SMPN 4 Singaraja di SMP Lab Undiksha Singaraja



SOSIALISASI SEKOLAH ADIWIYATA
TIM SMP NEGERI 4 SINGARAJA
DI SMP LAB UNDIKSHA SINGARAJA

Suasana kegiatan sosialisasi sekolah adiwiyata

Ibu Kasi SMP Kab. Buleleng memberi pengarahan

Bapak Kasek SMP Lab Undiksha sambut TIM sosialisasi

Bapak Kasek SMPN 4 memberi sosialisasi
                Pada hari Kamis, 10 Nopember 2016 tim sosialisasi sekolah adiwiyata SMP Negeri 4 Singaraja mengadakan kegiatan sosisalisasi di SMP Lab Undiksha Singaraja. Kegiatan dilaksanakan di ruang guru SMP Lab Undiksha dari pukul 09.00 s/d 11.00 WITa. Sosialisasi dipimpin langsung oleh Bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Singaraja Putu Budiastana, S.Pd., M.Pd. Beliau ditampingi oleh dua timnya yaitu Bapak Drs. A.A. Gede Agung Supartha dan Bapak Komang Toni Andiyasa, S.Pd. Kegiatan sosialisasi disambut langsung oleh Kepala SMP Lab Bapak I Made Suantara, S.Pd. berserta stafnya Bapak Putu Kusuma Wardana, M.Pd. Kegiatan juga dihadiri Kasi SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng Ibu Ni Ketut Santrini, S.Sos.
                Tujuan sosialisasi Disampaikan oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Singaraja Bapak Putu Budiastana,S.Pd., M.Pd. adalah bahwasannya SMP Negeri 4 Singaraja sudah lolos sebagai juara sekolah adiwiyata tingkat nasional.  Dan selanjutnya dipersiapkan menjadi sekolah adiwiyata mandiri. Untuk bisa menjadi sekolah adiwiyata mandiri kepada SMP Negeri 4 Singaraja berkewajiban menghimbas dan mensosialisasikan kepada minimal 10 sekolah binaannya. Untuk memenuhi kewajiban tersebut Dinas Pendidikan melalui leding sektornya Kasi SMP menetapkan SMP Lab Undiksha termasuk kedalam 10 sekolah imbas. Namun dalam hal ini karena ada dua sekolah SD yang memiliki satu halaman yang sama maka ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten 12 sekolah binaan. Tujuan lain juga adalah dalam rangka mempersiapkan SMP Lab Undiksha Singaraja untuk menerima verifikasi sekolah adiwiyata tahun 2017, jika lolos tingkat kabupaten maka SMP Lab Undiksha Singaraja dapat mewakili kabupaten ke tingkat provinsi. Standar minimal kelulusan untuk bisa memperoleh sertifikat sebagai sekolah adiwiyata adalah dengan nilai minimal 56.
                Dalam arahan itu Kasi SMP Kabupaten Buleleng memohon dukungan dan partisipasi dari seluruh steak holder SMP Lab Undiksha untuk ikut mensukseskan program pemerintah ini. Ibu Kasi memberi arahan dan petunjuk terkait penggunaan dana dari kegiatan ini dapat menggunakan dana bos. Beliau memantau untuk SMP Lab Undiksha banyak punya silpa dana BOS, dana tersebut dapat digunakan dengan membuat rancangan RAPBS baru, apalagi sekarang sudah memasuki bulan ke 11 dan jelang tutup tahun anggaran, jadi untuk tahun anggaran 2017 dapat program-program lomba adiwiyata dapat dianggarkan di dana bos.
                Yang memberi materi kegiatan/program-program sekolah adiwiyata adalah Bapak Drs. AA Gde Agung Supartha. Beliau banyak menunjukkan materi kegiatan adiwiyata SMP Negeri 4 yang telah dilakukan. Mulai membuat pengolahan sampah, komposisasi, tanaman hias susun, biopori dan sumur resapan. Sementara bidang bagaimana membuat laporan dengan program exel yang dilinkan dengan dokumen-dokumen laporan dan bukti kegiatan berupa foto-foto disampaikan oleh Bapak Komang Toni Andiyasa.

No comments:

Post a Comment