Friday, December 11, 2015

Tirtayatra SMP Lab Undiksha 2015

TIRTAYATRA SMP LAB UNDIKSHA
10 DESEMBER 2015

 
Persembahyangan di Pura Gunung Raung Taro

Persembahayangan di Pura Gunung Raung di sisi utara

Persembahyangan di Pura Gung Kawi di Bale Pengongan

Persembahyangan di Pura Gunung Kawi di Bale Pawedaan

Persembahyangan di Pura Gunung Kawi disisi bale kangin

Situasi Pura Gunung Kawi saat terik matahari

Sembahyang di Pura Gunung Kawi di bawah bale pawedaan

Sembahyang di Pura Gunung Kawi di Bale Pagongan

Sembhayang bersama di Pura Gunung Kawi

Sembahyang bersama di Pura Samuan Tiga

Sembahyang bersama di depan pelinggih Pura Samuan Tiga

Sembahyang bersama di Pura Samuan Tiga di bale kangin

Sembahyang bersama di Pura Samuan Tiga di Bale Pagongan


Sembahayang bersama di Pura Samuan Tiga depan bale dangin

SMP Lab Undiksha Singaraja pada hari Kamis, 10 Desember 2015 melaksanakan kegiatan tirtayatra ke Gianyar. Kegiatan tirtayatra ini merupakan pelaksanaan dari program kegiatan OSIS yang dipadu dengan program kegiatan sekolah. Pura-pura yang menjadi tujuan tirtayatra yaitu Pura Gunung Raung di Taro, Pura Gunung Kawi dan Pura Samuan Tiga. Obyek wisata yang dikunjungi melengkapi kegiatan tirtayatra adalah Pasar Seni Gowang.
Jumlah siswa dan guru yang terlibat berjumlah 189 orang yang terbagi menjadi 7 bus. Kegiatan dimulai dari pukul 06.30 Wita dengan melakukan persembahyangan bersama di Pura Padmasana Sekolah, pengarahan jelang berangkat dari ketua panitia. Rombongan berangkat tepat pukul 06.30 menuju Pura Gunung Raung di Desa Taro Gianyar. Tiba di Pura Gunung Raung pukul 09.00. Setelah mendak Pemangku Pura persembahyangan dilakukan secara kusuk. Siswa-siswi peserta tirtayatra mendapat penjelasan tentang keberadaan Pura Gunung Raung dari Pemangku saat siswa nunas tirta.
Tujuan kedua tirtayatra adalah Pura Gunung Kawi. Tiba disana pukul 11.30 terik matahari cukup menyengat. Menuju ke Pura Gunung Kawi karena jalanan menurun tidaklah menjadi kendala, semua Guru dan Siswa enjoy melakoninya. Yang menjadi kendala saat pesembahyangan keadaan sudah “tajeg surya”, sehingga anak-anak harus sembahyang di tempat-tempat teduh, di pelataran bale bengong, bale pewedaan bersama pemangku dan bale pegongan atau di samping-samping pelinggih untuk menghindari terik matahari yang menyengat. Yang lebih memprihatinkan saat balik ke bus para guru dan siswa harus melewati undakan tangga yang menanjak, semua guru dan siswa kelelahan. Semua harus menguras keringat untuk bisa tiba kembali ke bus. Semua semangat dan sukses sampai ke bus.
Tujuan tirtayatra yang terakhir adalah Pura Samuan Tiga, rombongan sampai disana pukul 12.30 Wita. Sebelum sembahyang para siswa dan guru diajak makan siang oleh panitia di wantilan pura. Pukul 13.00 rombongan diajak sembahyang. Para pemangku sudah menunggu, sembahyang bersama tidak menjadi kendala karena diarepan pelinggih utama sudah disiapkan tempat teduh beratap untuk para pemedek ngaturang bakti. Sembahyang di Pura Samuan Tiga selesai pukul 14.00. Selanjutnya rombongan diajak mengunjungi obyek wisata Pasar Seni Gowang untuk berwisata belanja. Anak-anak dan guru pada antosias berbelanja menghabiskan bekal masing-masing.

Kegiatan wisata berbelanja cukup lama kurang lebih 2 jam. Pukul 16.00 rombongan balik ke Singaraja. Rencana di Pura Samuan Tiga jika cukup waktu sampai di Jogger sebelum pukul 17.00 akan diajak singgah di jogger untuk berwisata belanja. Selama perjalanan tampaknya semua rombongan capek dan ketiduran sehingga lokasi wisata jogger lewat begitu saja. Rombongan tiba kembali di Singaraja pada pukul 18.00, tepat sesuai dengan program panitia.

No comments:

Post a Comment